PINASTI, DIAN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Skripsi UT SELESAI ......pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dian Pinasti, 2023. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis
Youtube Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMA Negeri 1 Luwu
Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Alia Lestari dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
matematika berbasis youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran matematika
berbasis youtube pada materi trigonometri memenuhi kriteria valid dan praktis serta
mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis
youtube dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). untuk
menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis youtube, peneliti
menggunakan model ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis,
(2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian
ini dilakukan di SMA Negeri 1 Luwu Utara dengan subjek penelitian adalah siswa
kelas X sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar validasi, angket praktikalitas siswa, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran
matematika berbasis youtube telah memenuhi kriteria valid dengan persentase nilai
validator materi adalah 88,54% dan nilai validator ahli media adalah 85,41%,
sedangkan uji praktikalitas siswa pada produk memenuhi kriteria praktis dengan
persentase 77,29%. Hasil uji efektivitas media pembelajaran matematika berbasis
youtube dari presentasi ketuntasan siswa yaitu 73,3 dengan kategori baik dan hasil uji
t sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran diperoleh nilai thitung > ttabel
yaitu 14,371 > 2,045, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran matematika berbasisis youtube efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Luwu Utara.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Youtube, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 01:44 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 01:44 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7307 |
Actions (login required)
View Item |