PROGRAM BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) INSAN MADANI KOTA PALOPO

IRWAN, IRWAN (2023) PROGRAM BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) INSAN MADANI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI IRWAN.pdf] Text
SKRIPSI IRWAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Irwan, 2023, “Program Boarding School terhadap Pembentukan Karakter Peserta
Didik di Sekolah Menegah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Madani
Kota Palopo” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo,
Pembimbing (I) Dr. Hj. St. Marwiyah, M.Ag., (II) Abdul Rahim Karim,
M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang program boarding school terhadap
pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu
(SMPIT) Insan Madani Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
upaya yang dilakukan sekolah dalam mengimplementasikan program boarding
school di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Madani Kota
Palopo dan untuk mengetahui dampak dari program boarding school di Sekolah
Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Madani Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber, tringulasi teknik dan
tringulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penerapan program boarding
school terhadap pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama
Islam Terpadu Insan Madani Kota Palopo dengan menggunakan kurikulum syarah
10 muwashafat, kurikulum merdeka dan profil pelajar pancasila, serta
diberlakukannya kode etik dan tata tertib peserta didik selama di Asrama yang
dapat diklasifikasikan dalam pembentukan nilai karakter religius, gemar membaca
dan mandiri yang dilakukan dengan berbagai strategi yang berupa keteladanan,
pembiasaan, pengawasan dan pendampingan serta menyadarkan pada setiap
kegiatan. Adapun rangkaian kegiatan program boarding school dengan zikir pagi
dan petang setelah sholat subuh, sarapan dan membersihkan asrama, muraja’ah juz
30 dan 29, kajian kitab adabul alim wal muta’allim dan halaqoh al-Qur’an, tilawah
7 surah istimewah (al-Kahfi, Yaa Siin, ar-Rahman, al-Waqiah, as-Sajadah, al-Mulk
dan adh-Dhuha), tasmi’ pekanan setiap hari Ahad, sholat lain dan puasa sunnah
senin-kamis, 2) Adapun pembentukan nilai-nilai karakter melalui program
boarding school di SMPIT Insan Madani Kota Palopo dalam membentuk karakter
religius, gemar membaca dan mandiri, yaitu terbentuknya karakter religius berupa
sholat wajib berjamaah dan sholat sunnah, puasa sunnah, almatsurat, halaqoh
Qur’an dan kajian kitab. Nilai karakter gemar membaca berupa membaca buku dan
mencari informasi di internet. Serta nilai karakter mandiri berupa cuci pakaian
sendiri, melipat dan merapikan asrama dan juga membersihkan alat makan sendiri.
Kata Kunci: Boarding school, pembentukan karakter peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:07
Last Modified: 27 Oct 2023 02:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item