STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM WARUNG TERAPUNG DI DESA PAO KECAMATAN MALANGKE BARAT

NIWIL, NIWIL (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM WARUNG TERAPUNG DI DESA PAO KECAMATAN MALANGKE BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skrippsi NIWIL fix_1.rtf.pdf] Text
Skrippsi NIWIL fix_1.rtf.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Niwil, 2023. “ Strategi Pengembangan UMKM Warung Terapung di Desa Pao
Kecamatan Malangke Barat”. Skripsi Program Studi
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edi
Indra Setiawan.
Skripsi ini membahas Strategi Pengembangan UMKM Warung Terapung Di Desa
Pao Kecamatan Malangke Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah:
Mendeskripsikan Strategi Pengembangan UMKM Warung Terapung Di Desa Pao
Kecamatan Malangke Barat; Untuk mendeskripsikan Strategi Apa yang
digunakan Warung terapung dalam pengembangannya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10
informan.Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik
pengumpulan data. Selain itu, metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa yang menjadi kekuatan dari Warung Terapung adalah
Rasa Tradisional, Bahan Baku yang berkualitas, Lokasi yang Strategis, harga yang
terjangkau serta tidak merubah takaran bahan sehingga rasanya tetap terjaga.
Sedangkan kelemahan dari warung terapung adalah Keterbatasan Modal, belum
begitu dikenal oleh masyarakat, kegiatan promosi kurang dilakukan dan tampilan
warung yang kurang modern. Adapun strategi yang digunkan guna
mengembangkan UMKM warung terapung adalah strategi untuk pelaku UMKM
dibidang kuliner yaitu warung terapung untuk bisa mengembangkan usahanya
yaitu dapat menambah produk yang baru dan varian rasa yang lebih bervariasi lagi
atau memberikan varian bentuk-bentuk dari produk dengan rasa yang lebih unik
dan menarik, seperti menambah varian rasa yang manis atau lebih pedas lagi, bisa
juga berkreasi dalam menyediakan toping-toping yang banyak dan unik, serta
memberikan tampilan yang menarik dari produk makanan yang dijual dengan
membarikan cirri khas tersendiri pada bentuk atau ukuran dari produk yang
dihasilkan sehingga bisa lebih menarik minat dan tidak membuat konsumen
merasa bosan dengan varian yang itu-itu saja. Solusi lainnya yaitu menciptakan
menu baru yang berbeda dari menu yang telah ada dengan varian rasa yang baru,
seperti membuat produk minuman pendamping yang lebih segar atau tidak terlalu
manis sehingga bisa menyeimbangkan terhadap rasa manis atau pedas dari produk
makanan yang dijual, atau bisa juga menyediakan menu-menu khusus yang hanya
dijual di hari-hari tertentu sehingga bisa lebih menarik minat konsumen yang
menbuat konsumen baru menjadi penasaran.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, dan UMKM Warung Terapung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:05
Last Modified: 27 Oct 2023 02:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7316

Actions (login required)

View Item View Item