ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V UPT SDN 022 MONTO KABUPATEN LUWU UTARA

EDY, ANANDA (2023) ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V UPT SDN 022 MONTO KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi_Ananda_Edy[1].pdf] Text
Skripsi_Ananda_Edy[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ananda Edy, 2022, “Analisis Kesulitan Menentukan Ide Pokok Paragraf dalam
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V UPT SDN
022 Monto Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I)
Sukirman Nurdjan dan Pembimbing (II) Nilam Permatasari.
Penelitian ini mengkaji tentang analisis kesulitan menentukan ide pokok paragraf dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V UPT SDN 022 Monto. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesulitan menentukan ide pokok paragraf
dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V UPT SDN 022 Monto, dan
untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan menentukan ide pokok paragraf dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V UPT SDN 022 Monto. Pendekatan dan jenis
penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian
etnografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan
menentukan ide pokok paragraf dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas
V UPT SDN 022 Monto terdapat dua bentuk kesulitan di antaranya yaitu kesulitan
membaca (dislegsia) dan kesulitan menentukan letak ide pokok. Sehingga diperlukan
penggunaan pendekatan pembalajaran yang efektif, menarik, dan menyenangkan
agar dapat membuat siswa lebih aktif, antusias, dan berperan langsung dalam
pembelajaran melalui pemecahan masalah serta dibutuhkan partisipasi aktif dari
guru guna mendukung keberhasilan dalam pembelajaran. Faktor penyebab kesulitan
menentukan ide pokok paragraf dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas
V UPT SDN 022 Monto yaitu siswa tidak fokus saat belajar dan kurang minat baca yang
menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal yang
berasal dalam diri siswa itu sendiri seperti kemalasan yang timbul dalam diri siswa dan
faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa seperti faktor lingkungan sekolah yang
membuat tidak fokus belajar serta kurangnya perhatian dari guru dan orang tua dalam
memberi motivasi belajar.
Kata Kunci : Analisis kesulitan, ide pokok, dan paragraf

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:16
Last Modified: 27 Oct 2023 02:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item