PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 1 SMAN 4 PALOPO

HUSNA, MISNA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 1 SMAN 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI MISNA HUSNA.pdf] Text
SKRIPSI MISNA HUSNA.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Misna Husna, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Formulate Share Listen Create (FSLC) dalam Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas
XI MIPA 1 SMAN 4 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Sitti Zuhaerah
Thalhah dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe formulate share listen create (FSLC) dalam meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Palopo.
Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas peserta didik dan guru saat
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate share listen create
(FSLC) serta mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta
didik sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
formulate share listen create (FSLC). Penelitian ini juga bertujuan mengetahui
apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate share listen
create (FSLC) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematika peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Palopo.
Jenis penelitian ini quasi eksperimental design tipe one grup pre-test and
post- test. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random
sampling, dengan jumlah sampel 25 orang peserta didik. Data diperoleh melalui
tes dan observasi aktivitas peserta didik dan guru selama penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe formulate share listen create (FSLC). Kemudian
data di analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Aktivitas peserta didik selama
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate share listen create
(FSLC) berada pada kategori sangat baik dengan nilai 93,34%. Aktivitas guru
berada pada kategori sangat baik dengan 98,04%. 2) Kemampuan pemahaman
konsep matematika peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe formulate share listen create (FSLC) berada pada kategori sangat
kurang dengan rata-rata 29,08%. 3) Kemampuan pemahaman konsep matematika
peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate
share listen create (FSLC) berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata
87,00%. 4) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe formulate share listen
create (FSLC) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematika peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Palopo.
Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share
Listen Create (FSLC), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:14
Last Modified: 27 Oct 2023 06:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7336

Actions (login required)

View Item View Item