SATRIANI, SATRIANI (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI_SATRIANI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Satriani, 2023. “Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo” Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Taqwa dan Bulu’.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Pendidikan Karakter dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui manajemen pendidikan
karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo dan untuk mengetahui mutu
pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo serta untuk mengetahui
faktor internal dan faktor eksternal manajemen pendidikan karakter dalam
meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian pada penelitian ini yaitu kepala Madrasah dan guru. Adapun teknik
pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter
dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota
Palopo dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti membiasakan pembelajaran
pendidikan karakter di kelas, selain itu siswa diharuskan menerapkan sikap-sikap
akhlakul karimah seperti kejujuran, kepedulian, kedisiplinan, dan juga tanggung
jawab. Selanjutnya, guru dapat melakukan evaluasi terhadap manajemen
pendidikan karakter. Upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo, pertama-tama yaitu melakukan pembinaan
kepada guru dan meningkatkan profesi mengajarnya dapat dilakukan dengan cara
seperti (1) meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada proses belajar dan mengajar,
(2) berusaha mengendalikan penyelenggaraan pada bidang teknis edukatif di
sekolah sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, (3) menjamin agar kegiatan
sekolah berlangsung sesuai dengan penentuan yang berlaku. Faktor internal dan
faktor eksternal manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu
pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Faktor internal atau
faktor dari dalam diri individu seperti kecerdasaan, bakat minat dan motivasi
kemudian faktor eksternal yang sifatnya dari luar diri siswa seperti keadaan
keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:44 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:44 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7343 |
Actions (login required)
View Item |