AZIZAH, SHELLA NUR (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA BANK BSI KCP PALOPO RATULANGI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI SHELLA NUR AZIZAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Shella Nur Azizah, 2023, Efektivitas Strategi pemasaran Produk Pembiayaan
Pada Bank BSI KCP Palopo Ratulangi. Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Ilham, S.Ag., M.A.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas strategi pemasaran produk
pembiayaan pada bank BSI KCP Palopo Ratulangi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas strategi pemasaran produk pembiayaan pada bank BSI
KCP Palopo Ratulangi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yakni data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh dengan observasi dan wawancara secara
langsung dengan Consumer Banking Retail Manager, Customer Service,
Supervisor dan nasabah Bank BSI KCP Palopo Ratulangi yang menggunakan
pembiayaan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa sumber lain yang
berkaitan dengan penelitian ini seperti dari berbagai buku maupun sumber
lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Consumer Banking Retail Manager
(CBRM, Customer Service, Supervisor dan Nasabah pada Bank BSI KCP Palopo
Ratulangi yang menggunakan pembiayaan, selanjutnya teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan atau verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa BSI KCP Palopo Ratulangi dalam
melakukan strategi pemasaran produk pembiayaan lebih efektif menggunakan
strategi promosi yakni Advertising (Periklanan), Personal Selling (Penjualan
Pribadi), Publicity (Publisitas) dan Sales Promotion (Promosi Penjualan). BSI
KCP Palopo Ratulangi juga melakukan strategi pemasaran syariah dalam
memasarkan produknya. Berdasarkan strategi pemasaran yang diterapkan BSI
KCP Palopo Ratulangi dalam menjalankan produknya jika dilihat dari hasil
penelitian dan jumlah nasabah yang menggunakan produk pembiayaan yang
mengalami peningkatan artinya strategi pemasaran yang digunakan BSI KCP
Palopo Ratulangi sudah efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Strategi pemasaran, Produk Pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7344 |
Actions (login required)
View Item |