STRATEGI PEMASARAN SAYUR MAYUR KELOMPOK WANITA TANI SRIKANDI KOTA PALOPO

FIRA, AL (2023) STRATEGI PEMASARAN SAYUR MAYUR KELOMPOK WANITA TANI SRIKANDI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Al Fira, 2023. “Strategi Pemasaran Sayur Mayur Kelompok Wanita Tani
Srikandi Kota Palopo”.Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Nur Amal Mas, S.E.Sy., M.E.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor
faktor internal dan eksternal pemasaran sayur mayur Kelompok Wanita Tani
Srikandi untuk merumuskan strategi pemasaran sayur mayur Kelompok Wanita
Tani Srikandi Kota Palopo.Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan
metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dan metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil
penelitian faktor faktor internal meliputi faktor kekuatan meliputi: kelompok tani
memiliki badan hukum, sayur yang dihasilkan bebas pestisida, keanggotaan
kelompok yang kompak. Faktor kelemahan meliputi: pemahaman tentang
pertanian yang kurang, kurangnya partisipasi anggota dalam bertani, kepercayaan
antar kelompok yang rendah sehingga masih ada pertikaian antara kelompok dan
mengakibatkan terjadinya pertengkaran antara ketua kelompok dengan anggota.
Faktor eksternal meliputi faktor peluang yaitu: dapat dukungan dari pemerintah,
minat masyarakat yang sadar akan kesehatan dalam mengkonsumsi sayur, lokasi
pemasaran yang mudah dijangkau. Faktor ancaman meliputi: iklim atau cuaca
yang tidak teratur, adanya serangan hama, adanya pedanga sayur. Stategi yang
digunakan yaitu 1) strategi produk dengan menawarkan macam macam sayuran.
2) strategi penetapan harga yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan semacam
lombok mengikuti harga pasar dan memberikan harga yang lebih rendah dibawah
harga pasar. 3) strategi tempat dengan melihat berbagai potensi pasar pada suatu
wilayah. 4) strategi promosi dengan melakukan komunikasi kepada masyarakat
ditawarkan kepada tetangga, menggunakan media online seperti Whatsapp dan
Facebook dan pameran. Dengan melakukan strategi tersebut memberi dampak
positif terhadap peningkatan penjualan.
Kata Kunci : Pemasaran, Sayur mayur, Strategi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:54
Last Modified: 27 Oct 2023 06:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7345

Actions (login required)

View Item View Item