i PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO

NURJANNA, NURJANNA (2023) i PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of NURJANNA SKRIPSI 1702010059.pdf] Text
NURJANNA SKRIPSI 1702010059.pdf

Download (907kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurjanna, 2023.“Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo”, Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Syamsu Sanusi dan
Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang peran orang tua dalam pembinaan akhlak peserta
didik kelas VIII di Madrasah tsanawiyah negeri palopo. Penelitian ini bertujuan:
untuk mengetahui akhlak peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Palopo, untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pembinaan Akhlak
peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo, dan untuk
mengetahui apa hambatan-hambatan orang tua dalam pembinaan Akhlak peserta
didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah
dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Akhlak peserta didik kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo bisa dikatakan telah terbina dengan baik
dimana orang tua mampu memberikan pembinaan yang baik terhadap peserta
didik baik melalui penggunaan media informasi yang bijak, naluri atau pemikiran
yang baik, serta kolaborasi antara orang tua, pihak guru,dan tokoh masyarakat
setempat dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dalam pembinaan
akhlak peserta didik. (2) Terdapat peran orang tua yang cukup besar pada
pembinaan akhlak peserta didik. Peran tersebut meliputi pemberian penghargaan
kepada anak yang berperilaku dan bertutur kata yang baik serta memberikan
hukuman maupun nasehat kepada anak yang berperilaku dan bertutur kata kurang
baik. (3) Terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh orang tua dalam
melaksanakan pembinaan terhadap anak-anaknya. Hambatan tersebut meliputi
kesibukan orang tua. Hal ini bisa diatasi dengan cara melaksanakan menajemen
waktu yang baik. Selain itu, simpati yang berlebihan juga menjadi hambatan
tersendiri. Masalah ini dapat diatasi dengan mengkondisikan kapan waktunya
memberikan simpati yang besar dan sewajarnya.
Kata kunci: Peran Orang Tua, Pembinaan Akhlak, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:16
Last Modified: 30 Oct 2023 01:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7369

Actions (login required)

View Item View Item