STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIDROPONIK DI DESA RUMAJU KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU

MANSUR, SIDRATIL (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIDROPONIK DI DESA RUMAJU KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SIDRATIL MANSUR 2023.PDF] Text
SKRIPSI SIDRATIL MANSUR 2023.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sidratil Mansur, 2023. “Strategi Pengembangan Usaha Tanaman Hidroponik di
Desa Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu”. Skripsi Ekonomi
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhammad Shadri Kahar Muang.
Penelitian Ini Dilakukan Di Desa Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten
Luwu. Rumusan Masalah Penelitian : Bagaimana Strategi Pengembangan Usaha
Hidroponik Di Desa Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pengembangan
Usaha Tanaman hidroponik Di Desa Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian Deskriptif
Kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan melakukan observasi
dan wawancara, selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan
metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan
pengusaha hidroponik di Desa Rumaju Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu dalam
mengembangkan usahanya yaitu ada 4 strategi diantaranya: Strategi Produk
(product) dimana strategi produk ini pengusaha hidroponik berusaha menjaga dan
meningkatkan lagi kualitas produk sayurannya. Strategi Harga (price) dimana
pengusaha hidroponik menyesuaikan kualitas sayurannya dengan para pesaing.
Strategi Tempat (place) dimana pengusaha hidroponik menggunakan lahan
pribadi yang berdekatan dengan rumah mereka agar mudah dijangkau dan melihat
proses perkembangan tanaman sayurannya setiap hari. Strategi Promosi
(promotion) dimana pengusaha hidroponik awalnya mempromosikan produknya
dari mulut ke mulut dari orang yang sudah datang membeli lalu mempromosikan
ke orang lain dan dipromosikan juga lewat media sosial seperti: facebook,
whatshaap, instagram serta media sosial lainnya. Implikasi penelitian ini untuk
mendapatkan hasil produksi yang lebih meningkat pengusaha hidroponik harus
lebih memperhatikan perawatan tanaman sayurannya sehingga mendapatkan hasil
produksi yang berkualitas lagi.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Usaha, Hidroponik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:25
Last Modified: 30 Oct 2023 01:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item