ASRAN, NURTASYA (2023) POLA KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI NURTASYA ASRAN-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurtasya Asran, 2023. “Pola Komunikasi Kepala Madrasah dalam Supervisi
Akademik di Madrasah Tsa nawiyah Negeri Kota Palopo”
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud. dan Syamsu
Sanusi.
Skripsi ini membahas tentang Pola Komunikasi Kepala Madrasah dalam
Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Hasil BelajarSiswadi Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Bagaimana penerapan pola komunikasi kepala
sekolah dalam proses supervisi akademik. Bagaimana gambaran pola komunikasi
di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Apa saja faktor internal dan faktor
eksternal didalam meningkatkan proses supervisi akademik di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif.
Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder dengan
menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian atau alat
yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini ialah telephone
seluler, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan konklusi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik
dalam proses supervisi dengan menerapkan pola komunikasi dua arah (timbal
balik) yang diterapkan dalam proses ini untuk membantu menemukan solusi yang
ada atau yang dirasakan oleh guru dalam melakukan proses belajar mengajar dan
juga dalam proses ini dapat menghasilkan solusi dari terjadinya supervisi
akademik yang di laksanakan kepala Madrasah dengan guru yang bersangkutan.
Sehingga hasil belaajr siswa baik dan termasuk nilai diatas rata-rata dan ruang
komunikasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo dapat terjalin baik dan
tidak akan terjadi yang namanya misskomunikasi. Sehingga, dapat disimpulkan
bahwa kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah itu
telah berhasil dan selalu melakukan proses sehingga dapat meningkatkan kualitas
Madrasah dari yang baik ke sangat baik.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Supervisi Akademik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 01:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 01:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7374 |
Actions (login required)
View Item |