JANNAH A, NUR (2023) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG LABELISASI HALAL PADA PEMBELIAN PRODUK MAKANAN (STUDI MASYARAKAT MUSLIM DESA CENNING KABUPATEN LUWU UTARA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
NUR JANNAH A EKIS (2019).PDF Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Jannah A, 2023. “Analisis Persepsi Konsumen Tentang Labelisasi Halal
Pada Pembelian Produk Makanan (Studi Masyarakat Muslim
Desa Cenning Kabupaten Luwu Utara)”. Skripsi Program Studi
Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Andi Nurrahma
Gaffar.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Persepsi Konsumen Tentang Labelisasi
Halal Pada Pembelian Produk Makanan (Studi Masyarakat Muslim Desa Cenning
Kabupaten Luwu Utara). Di mana bertujuan Untuk mengetahui persepsi
masyarakat muslim di Desa Cenning Kabupaten Luwu Utara terhadap labelisasi
halal pada pembelian produk makanan dan Untuk mengetahui faktor yang
membentuk persepsi masyarakat muslim di Desa Cenning Kabupaten Luwu Utara
terhadap labelisasi halal pada pembelian produk makanan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan
jenis pendekatan yaitu pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Desa
Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara bulan Juli 2023
sampai dengan selesai. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di
Desa Cenning Kabupaten Luwu Utara. Sedangkan objek penelitian ini adalah
persepsi masyarakat muslim tentang labelisasi halal pada pembelian produk
makanan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui
insrumen pokok berupa wawancara sedangkan observasi dan dokumentasi
digunakan untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Seluruh data yang terkumpul
selanjutnya diolah dan dianalisis.
Hasil penelitian membuktikan bahwa: Persepsi konsumen tentang labelisasi halal
pada pembelian produk makanan halal di Desa Cenning dengan tinjauan
pengetahuan dan pemahaman maka ditemukan bahwa mayoritas penduduk Desa
Cenning sudah mengetahui label halal pada makanan, seperti ciri-ciri label halal
di mana terdapat tulisan atau logo halal, meskipun demikian penduduk Desa
Cenning belum mengetahui lebih detail terkait label halal seperti proses label
halal itu sendiri maupun implikasinya. Adapun dari tinjauan kesadaran
disimpulkan bahwa umumnya masyarakat mengaku menyadari bahwa mereka
sedang mengonsumsi produk makanan halal, namun tidak banyak yang
menyadari betul terkait dengan konsekuensi dari mengonsumsi produk makanan
halal pada kehidupan. Selanjutnya Faktor yang membentuk persepsi konsumen
tentang labelisasi halal pada pembelian produk makanan halal di Desa Cenning
terdiri dari beberapa faktor di antaranya faktor kebutuhan dan keinginan, fakor
pengetahuan dan pengalaman, faktor budaya dan agama. Dalam hal ini agama
menjadi faktor yang paling signifikan dalam membentuk persepsi masyarakat.
Kata Kunci: Labelisasi Halal, Persepsi Konsumen, Produk Makanan, Keputusan
Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 01:46 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 01:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7382 |
Actions (login required)
View Item |