STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI UPT SMAN 2 PALOPO

Rahira, Natasya (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI UPT SMAN 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI Natasya Rahira.pdf] Text
SKRIPSI Natasya Rahira.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Natasya Rahira, 2023, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Upaya
Meningkatkan Literasi al-Qur‟an Siswa Kelas X di UPT SMAN 2 Palopo”
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh:
Mardi Takwim dan Muh. Agil Amin.
Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam
dalam upaya meningkatkan literasi al-Qur‟an siswa kelas X di UPT SMAN 2
Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui penyebab kurangnya
literasi al-Qur‟an siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo. 2). Untuk menganalisis
strategi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan literasi al�Qur‟an siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo. 3). Untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat guru PAI dalam upaya meningkatkan literasi al�Qur‟an siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi dan pedagogik, sumber data merupakan
hasil wawancara wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendidikan agama
Islam, dan siswa, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi, data yang terkumpul di uji keabsahannya dengan teknik
triangulasi, selanjutnya dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penyebab kurangnya literasi
al-Qur‟an pada siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo yaitu, siswa tidak
memperbaiki bacaan al-Qur‟an secara berkelanjutan, siswa jarang membaca al�Qur‟an, siswa mengaji kampung, siswa malas membawa al-Qur‟an ke sekolah. 2).
Strategi guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan literasi al�Qur‟an pada siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo yaitu, guru pendidikan agama
Islam melakukan pembiasaan membaca al-Qur‟an sebelum memasuki materi
pelajaran, dan guru melakukan bimbingan langsung membaca al-Qur‟an baik
secara berkelompok (baca simak) maupun secara individu. 3). Faktor pendukung
dan penghambat guru PAI dalam upaya meningkatkan literasi al-Qur‟an pada
siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo, yaitu: Faktor pendukung guru PAI dalam
upaya meningkatkan literasi al-Qur‟an siswa, yaitu: adanya dukungan yang
diberikan oleh kepala sekolah, dengan mengarahkan guru pendidikan agama Islam
untuk membiasakan siswa membaca al-Qur‟an sebelum masuk materi pelajaran
atau di jam pertama sebagai faktor keberhasilan meningkatkan literasi al-Qur‟an
siswa kelas X di UPT SMAN 2 Palopo. Faktor Penghambat guru PAI dalam
upaya meningkatkan literasi al-Qur‟an siswa, yaitu siswa malas membawa al�Qur‟an, ketika disuruh membaca al-Qur‟an siswa hanya pura-pura membaca,
siswa lebih senang membaca al-Qur‟an di HP, siswa tidak mengetahui surah-surah
yang ada dalam al-Qur‟an, dan keterbatasan tenaga guru pendidikan agama Islam.
Kata kunci: Strategi Guru, Literasi al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:58
Last Modified: 30 Oct 2023 06:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7415

Actions (login required)

View Item View Item