ALAMSYAH, LUCKY (2023) INVESTIGASI TINGKAT KETERLIBATAN MATEMATIKA SISWA PADA RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ELPSA DAN IMPLEMENTASINYA DI KELAS VII MTsN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI LUKY ALAMSYAH-1.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lucky Alamsyah, 2023. Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika Siswa pada
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ELPSA dan Implementasinya di
Kelas VII MTsN Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Hj. Nursaeni dan Muhammad
Ihsan
Skripsi ini membahas tentang Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika
Siswa pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ELPSA dan Implementasinya
di Kelas VII MTsN Kota Palopo terbatas pada pokok bahasan segitiga. Penelitian
ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterlibatan matematika siswa berdasarkan
tiga rencana pembelajaran segitiga yang dikembangkan dan diimplementasikan
pada kelas VII.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VII A MTsN Kota Palopo tahun ajaran 2022/2023.
Instrumen yang digunakan yaitu rancangan pelaksanaan pembelajaran ELPSA,
observasi dan dokumentasi serta peneliti sebagai instrumen utamanya. Adapun
teknik analisis data menggunakan tahapan dari Miles dan Huberman.
Deskripsi data pada hasil analisis dokumentasi pengimplementasian RPP
ELPSA dikelas ditemukan bahwa dalam pengimplementasian RPP ELPSA
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pengalaman
belajarnya. Guru dapat menilai siswanya untuk benar-benar mengikuti proses
kegiatan pembelajaran dengan baik, memiliki minat belajar yang baik dan bukan
hanya sekedar berada di kelas tanpa didorong kemauan belajar yang
sesungguhnya. Selanjutnya pada lembar observasi keterlibatan siswa, keterlibatan
siswa tergambar dari kemauan siswa untuk ikut serta terlibat dalam pembelajaran.
Terbukti dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dari 11 aspek hanya ada
2 aspek yang belum terpenuhi, ada 1 yang belum terpenuhi secara maksimal dan 8
aspek lainnya sudah terpenuhi. Dapat disimpulkan bahwa implementasi
pembelajaran menggunakan RPP ELPSA siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran dikelas sehingga pembelajaran matematika materi segitiga menjadi
lebih bermakna.
Kata Kunci: Implementasi RPP ELPSA, Keterlibatan siswa, Segitiga, Penelitian
deskriptif kualitatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:06 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7416 |
Actions (login required)
View Item |