EMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN UNSUR INSTRINSIK PADA CERITA PENDEK DI KELAS IV MIS 06 CIMPU KABUPATEN LUWU

PASANDE, MEGA (2023) EMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN UNSUR INSTRINSIK PADA CERITA PENDEK DI KELAS IV MIS 06 CIMPU KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Mega Pasande_18 0205 0076[1][1].pdf] Text
Skripsi Mega Pasande_18 0205 0076[1][1].pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Mega Pasande, 2023. “Kemampuan Siswa dalam Menemukan Unsur Intrinsik
pada Cerita Pendek di Kelas IV MIS 06 Cimpu Kabupaten Luwu”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Pembimbing (I) Firman (II) Mirnawati
Kemampuan siswa dalam menemukan unsur instrinsik pada cerita pendek
merupakan suatu kemampuan yang dapat dilihat pada kemampuan siswa dalam
menelaah, menguraikan, dan mengkomunikasikan pendapat pribadi baik secara
lisan maupun tulisan dengan kosakata baku yang di dukung oleh alasan terkait
tentang isi buku sastra atau sebuah cerita yang terdapat di dalam unsur-unsur
instrinsik karya sastra prosa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
menemukan unsur intrinsik pada cerita pendek dan faktor-faktor yang
mempengaruhi kemampuan siswa dalam menemukan unsur intrinsik pada cerita
pendek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara pemberian tes pilihan ganda, wawancara, dan observasi.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis statistik
deskriptif dari hasil tes siswa menunjukkan frekuensi dan persentase nilai pada
kemampuan siswa dalam menemukan unsur intrinsik pada cerita pendek di kelas
IV MIS 06 Cimpu. Nilai rata-rata keseluruhan hasil tes siswa memperoleh nilai 71
dengan interpretasi tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi disimpulkan
bahwa masih banyak siswa yang belum mampu mengidentifikasi unsur intrinsik
cerita pendek namun siswa dalam menjelaskan pengertian dari tokoh, tema, latar,
dan amanat siswa sudah memiliki kemampuan tersebut. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi kemampuan siswa dalam menemukan unsur instrinsik pada cerita
pendek diantaranya ialah: 1) bentuk penyajian cerita yang menarik dalam bentuk
cerita bergambar karena, semakin menarik bentuk penyajian cerita maka semakin
tinggi minat dan rasa ketertarikan siswa pada cerita tersebut sehingga fokus siswa
dalam membaca dan menyimak cerita menjadi lebih baik karena siswa tidak bosan
dan justru menyukai hal tersebut, 2) perbedaan gaya belajar. Karena, pada dasarnya
setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda dan dalam kegiatan
pembelajaran. Sehingga hasil belajar siswa pun berbeda-beda.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Unsur Intrinsik, Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:13
Last Modified: 30 Oct 2023 07:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item