PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA’ DI KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO

MUSJAMADI, MUSJAMADI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA’ DI KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUSJAMADI.pdf] Text
MUSJAMADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Musjamadi, 2022. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui
Metode Iqra’ Di Kelas IIMadrasah Ibtidaiyah Pesantren Modern Datok
Sulaiman Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode
Iqra’ Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an
melalui metode Iqra’, 2) peran guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis
Al- Qur’an melalui metode Iqra’, 3) Kendala yang dihadapi guru dalam
meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an melalui Metode Iqra’.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk kualitatif yang
menganalisis data secara mendalam tidak berdasarkan angka dalam menganalisis
data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui
studi lapangan dan data sekunder melalui studi pustaka, dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek data
dalam penelitian ini adalah guru BTQ. Teknik pendekatan dalam penelitian ini
adalah pendekatan pedagogik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
(1)Peningkatan Baca Tulis AlQur’an Melalui Metode Iqro di Madrasah Ibtidaiyah
Datok Sulaiman Palopo berjalan dengan lancar.(2) peran guru dalam
meningkatkan baca tulis al-qur’an melalui metode iqro di Madrasah Ibtidaiyah
Pesantren Datok Sulaiman Bagian Putra Palopo cukup baik, (3) Kendala yang
dihadapi Anak dalam Belajar Membaca Al-Qur’an dalam Metode Iqra’ di
Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Modren Datok Sulaiman Bagian Putra Palopo
yaitu a) Rendahnya keterlibatan anak didik secara aktif dalam metode Iqro’ dan
al- Qur,an, b) Kurangnya keterampilan dan perhatian anak didik terhadap iqro,dan
Al-Qur’an dan c) Kurangnya motivasi siswa dalam belajar melalui metode
Iqro’dan Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan dapat
dipergunakan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran BTQ
melalui kegiatan Metode Iqro’, serta menambah wawasan bagi penulis tentang
Baca Tulis AlQur’an.
Kata Kunci: Baca Tulis Al-Qur’an, Metode Iqra, Madrasah Ibtidayah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:39
Last Modified: 30 Oct 2023 07:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7419

Actions (login required)

View Item View Item