FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH KOPERASI MANURUNG JAYA

FERA, FEBRI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH KOPERASI MANURUNG JAYA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of FEBRI FERA (PERBANKAN 2019).PDF] Text
FEBRI FERA (PERBANKAN 2019).PDF

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Febri Fera, 2023. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Jasa
Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Manurung Jaya”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh M.
Ikhsan Purnama.
Skripsi ini membahas tentang Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kualitas
Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Manurung Jaya. Penelitian
ini bertujuan untuk : Mengetahui bagaimana faktor-faktor yang memengaruhi
kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah koperasi manurung jaya.
Informannya adalah beberapa nasabah koperasi manurung jaya. Penelitian
berlangsung selama 1 bulan . Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh di analisis dengan metode SPSS.
Maka penulis dapat menarik kesimpulan mengenai Kualitas pelayanan jasa yang
di lakukan oleh pengawai Koperasi Manurung Jaya telah optimal dimana dari 37
responden memberikan tanggapan atas mutu kualitas pelayanan jasa dan kepuasan
nasabah yang dilakukan oleh pegawai Koperasi Manurung Jaya. Hasil pengujian
statistik secara parsial yang telah dilakukan antara variabel pelayanan Kualitas
Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Nasabah (Y) bahwa thitung sebesar 2,538 dan
ttabel sebesar 2,032 jadi thitung > ttabel. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Karena nilai thitung > ttabel maka diperoleh hasil yang signifikan bahwa variabel
kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah berpengaruh positif. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan variabel kualitas pelayanan (X) bepengaruh
positif sebesar 86,3% dan signifikan terhadap kepuasan Koperasi Manurung Jaya.
Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kualitas pelayanan maka akan
semakin berpengaruh baik pada kepuasan nasabah.
Kata Kunci : Jasa, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:38
Last Modified: 31 Oct 2023 00:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item