AZISAH, ANDINI AMRI (2023) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SABBANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI Andini-1.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Andini Amri Azisah, 2023. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 4 Sabbang. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Andi Arif Pamessangi.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam
Bidang Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4
Sabbang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui upaya peningkatan
keaktifan peserta didik dengan melalui tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi pembelajaran 2) Dampak upaya guru dalam meningkatkan keaktifan
peserta didik pada pembelajaran PAI di SMPN 4 Sabbang.
Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di SMP Negeri 4
Sabbang. Waktu penelitian pada tanggal 02 Mei sampai 07 Juni 2023. Subjek
penelitian yaitu: Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Data
diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Upaya guru dalam
meningkatkan keaktifan siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam upaya
tersebut memiliki tiga tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
pembelajaran yang memiliki hasil akhir yang positif dimana hasil penelitian
menununjukkan terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik yakni Perencanaan
pembelajaran dengan penggunaan RPP sebagai bagian yang terpenting dalam
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh guru
pendidikan agama islam untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran
pendidikan agama islam dengan tiga tahap yakni, kegiatan awal, kegiatan inti dan
kegiatan penutup, dalam proses pembelajaran tersebut guru memberikan motivasi,
menggunakan, menggunakan metode yang bervariatif, sehingga siswa akan lebih
aktif dalam berdiskusi, bertanya dan mengerjakan tugas. Kemudian menggunakan
media pembelajaran, dan memberikan tugas kepada siswa dan tahapan evaluasi
dengan menggunakan tese pengukuran dan penilaian. (2) Dampak upaya yang
dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik dengan melakukan
proses belajar mengajar dengan peserta didik turut aktif dalam melaksanakan
tugasnya, terlibat dalam pemecahan masalah, bertanya kepada peserta didik lain
atau guru ketika tidak memahami persoalan, berusaha mencari informasi dan
melatih memecahkan masalah, serta dapat menilai kemampuan dirinya dari hasil-
hasil yang diperoleh.
Kata Kunci: Peningkatan Keaktifan, Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 02:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 02:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7447 |
Actions (login required)
View Item |