EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 8 PALOPO

ALVI, ALVI (2023) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ALVI SKRIPSI.pdf] Text
ALVI SKRIPSI.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Alvi, 2023. “Efektifitas Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting,
Extending (CORE) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas
VIII SMPN 8 Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakulas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Sumardin Raupu dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang efektifitas model pembelajaran connecting,
organizing, reflecting, extending (CORE) terhadap kemampuan koneksi
matematis siswa kelas VIII SMPN 8 Palopo. Masalah utama dalam penelitian inji
adalah; 1) Bagaimanakah kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar
dengan model pembelajaran langsung di SMPN 8 Palopo. 2) Bagaimanakah
kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model CORE di SMPN
8 Palopo. 3) apakah model pembelajaran CORE efektif terhadap peningkatan
kemampuan koneksi matematis siswa di SMPN 8 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Palopo yang
terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 209 siswa. Pemilihan sampel dipilih secara
cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII.6 sebagai
kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 30 siswa.
Data diperoleh melalui tes kemampuan koneksi matematis siswa. Hasil
penelitian menunjukan bahwa: 1) kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas
yang diajar dengan model pembelajaran langsung memiliki perolehan data dengan
nilai rata-rata post-test 58,27 dengan kategori rendah.2) kemampuan koneksi
matematis siwa pada kelas yang diajar dengan model CORE memiliki perolehan
data dengan nilai rata-rata post-test 72,33 dengan kategori cukup. 3) Pengujian
hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan(∝)= 5% yang menunjukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:04
Last Modified: 31 Oct 2023 03:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7465

Actions (login required)

View Item View Item