TANSIA, INTAN ARLIS (2023) ANALISIS KESIAPAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH PENGGERAK DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
INTAN ARLIS TANSIA (MPI 2019).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Intan Arlis Tansia, 2023. “Analisis Kesiapan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
dalam Mewujudkan Sekolah Penggerak Di Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Kaharuddin dan Ali
Nahruddin Tanal.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Program dari Merdeka Belajar episode
ke tujuh yaitu program sekolah penggerak sebagai upaya untuk mewujudkan
Profil Pelajar Pancasila yang di awali dengan SDM yang unggul yaitu Kepala
Sekolah dan Guru.1 Penelitian ini bertujuan: untuk menganalisis Kesiapan Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan dalam Mewujudkan Sekolah Penggerak di Kota
Palopo serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sekolah penggerak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi
penelitian Dinas Pendidikan Kota Palopo, subjek penelitian Kepala Dinas Bidang
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Kota Palopo Koordinator
Pengawas Dinas Pendidikan Kota Palopo dan Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD)
Dinas Pendidikan Kota Palopo. Instrumen Penelitian dan teknik pengumpulan
data yang digunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kesiapan Dinas Pendidikan
dalam mewujudkan sekolah penggerak di Kota Palopo yaitu: a) sosialisasi
program sekolah penggerak; b) pelatihan coaching clinic calon kepala sekolah
penggerak; c) studi tiru implementasi sekolah penggerak; dan d) Keikutsertaan
Dinas Pendidikan kota Palopo dalam kegiatan pelatihan maupun pendampingan
satuan pendidikan dalam intervensi program sekolah penggerak yang terdiri dari:
a) Pendampingan Konsultatif dan Asimetris; b) Penguatan SDM Sekolah; c)
Pembelajaran dengan Paradigma Baru; d) Perencanaan Berbasis Data; dan e)
Digitalisasi Sekolah. 2) Kendala Dinas Pendididkan dalam mempersiapkan
pelaksanaan program sekolah penggerak secara signifikan belum dirasakan karena
belum ada implementasi program ke peserta didik, implementasi program saat ini
masih dalam tahap pemberian pelatihan dan pendampingan kepada pendidik dan
tenaga kependidikan. Namun di awal pelaksanaan program kendala yang dihadapi
berkaitan dengan : a) mutasi kepala sekolah;dan b) sisa masa jabatan Kepala
Sekolah sebagai persyaratan seleksi program sekolah penggerak.
Kata Kunci: Analisis, Intervensi, Kesiapan, Mewujudkan, Program Sekolah
Penggerak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 03:08 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 03:08 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7467 |
Actions (login required)
View Item |