NURPAEDA, NURPAEDA (2023) MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 46 MATARIN KECAMATAN BASTEM KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURPAEDA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ASTRAKA
NURPAEDA, 2022. “Manajemen Kelas dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa
Di SD Negeri 46 Matarin Kecamatan Bastem Kabupaten
Luwu, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dibimbing oleh Hj.
St. Marwiyah, dan Tasdin Tahrim.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetatahui gambran: (1) Bagaimana
manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa di SD Negeri Kecamatan
Bastem Kabupaten Luwu: (2) Apa saja faktor pendudkung pelaksanakan
manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa di SD Negeri Kecamatan
Bastem Kabupaten Luwu; (3) Apa saja kendala dan solusi yang dihadapi saat
pelaksanaan manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar siswa di SD Negeri
Kabupaten Bastem Kecamatan Luwu.
Penelitian ini digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber
data primer adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu obsrevasi, wawancara dan dokumentsi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan manajemen kelas
dalam peningkatan minat belajar siswa di SD Negeri 46 Matarin Kecamatan Bastem
Kabupaten Luwu bahwa pelaksanaan manaemen kelas dengan menciptakan kondisi
yang menyenangkan terhadap pembelajaran yang berlangsung serta menggunakan
model pembelajaran yang bervariasi.memberikan nasehat dan memotivasi siswa
tersebut agar semangat untuk meningkatkan minat belajar. (2) Faktor pendukung
manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di 46 Matarin
Kecamatan Bastem Kabupaten Luwu, ialah guru mengunakan metode pengajaran
yang beraneka ragam dan terus mengembangkan model-model pembelajaran yang
sesuai dan siap membantu siswa sehingga minat belajar siswa meningkat dan
tercapainya hasil belajar yang maksimal. (3) Kendala dan upaya manajemen kelas
dalam peningkatan minat belajar siswa di SD Negeri 46 Matarin Kecamata Bastem
Kabupaten Luwu, penelitian menujukan bahwa kendala guru dalam manajemen
kelas untuk meningkatkan minat belajar siswa ialah pada saat jam terakhir
pembelajaran dan pada saat pokok bahasan/menunjukkan materi yang dianggap
sulit oleh siswa, serta terkendala dalam hal pengadaan media yang terbatas, hal ini
yang menyebabkan minat belajar siswa menjadi berkurang. Upaya yang ditempuh
oleh guru terkait kendala tersebut ialah membangkitkan minat belajar siswa melalui
penerapan model pembelajaran yang bervariasi, pengadaan media pembelajaran,
serta berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan
bagisiswa. Guru juga senantiasa selalu mengelola kelas sebaik mungkin serta
mengkondisikan siswanya dan menggunakan fasilitas sekolah sesuai pada
penggunaannya agar minat belajar siswa terus meningkat.
Kata Kunci : Manajemen, Manajemen Kelas, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:19 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7473 |
Actions (login required)
View Item |