PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU ISLAMI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 PALOPO

MALAWA, INDRA TANDI (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU ISLAMI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI INDRA TANDI MALAWA (PAI).pdf] Text
SKRIPSI INDRA TANDI MALAWA (PAI).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Indra Tandi Malawa, 2022. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Membentuk Perilaku Islami Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMP)
Negeri 8 Palopo". Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: Mawardi, S.Ag., M.Pd.I dan Ismail, S.Pd.I.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui peran guru PAI
sebagai pendidik dalam membentuk perilaku Islami siswa di SMP Negeri 8
Palopo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
membentuk perilaku Islami siswa di SMP Negeri 8 Palopo. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru pendidikan agama
islam dalam membentuk perilaku islami siswa yaitu 1) Sebagai motivator dalam
membentuk perilaku Islami siswa maka guru memberikan nasehat dan selalu
mengingatkan peserta didik agar menghargai sesama teman, menghargai orang
lain, bertutur kata yang sopan, pentingnya akan memberikan pertolongan kepada
orang lain, menjalin tali rasa persaudaraan yang baik, membiasakan hidup bersih,
dan memiliki sifat kasih sayang, membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
pembelajaran selesai, dan membiasakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan
santun) menjadi pedoman siswa dalam berperilaku. Dan sebagai evaluator dalam
membentuk perilaku Islami siswa maka kita harus mengukur kemampuan sejauh
mana penguasaan peserta didik terhadapa kompetensi dasar yang telah ditetapkan,
penilaian sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar. 2) faktor pendukung
sangat berpengaruh terhadap membentuk perilaku Islami siswa. Adanya
kerjasama antar guru dan kepala sekolah dan adanya bantuan dari orang tua siswa
untuk berpartisipasi dalam rangka perilaku anak-anaknya. Sedangkan faktor
penghambat kurang memadai fasilitas sekolah seperti buku pelajaran agama Islam
yang sangat terbatas, perilaku siswa yang berbeda-beda tentunya memerlukan cara
yang tepat untuk membentuk perilaku Islami.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Membentuk Perilaku Islami
Siswa, SMP Negeri 8 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:44
Last Modified: 31 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7483

Actions (login required)

View Item View Item