RAHMAYANI, RAHMAYANI (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN LOGICO MATHEMATICAL KNOWLEDGE ANAK MELALUI PERMAINAN BAHAN SISA DAN BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B1 TK MUTIARA SALUPAO KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Rahmayani Skripsiku 2022.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rahmayani, 2021.“Peningkatan Kemampuan Logico Mathematical Knowledge
Anak Melalui Permainan Bahan Sisa Dan Bahan Alam Pada Kelompok B1
Tk Mutiara Salupao Kecamatan Telluwanua Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing olehDr.
Rustan S, M. Hum.dan Nilam Permatasari M, M.Pd.
Kemampuan kognitif anak atau kemampuan dalam Logico Mathematical
Knowledge anak masih belum tuntas pada kegiatan mengenal bentuk geometri
dan kegiatan yang bersifat eksploratif dan menyelidik. Penyebab masalah tersebut
karena pengaturan waktu setiap tema dan sub tema satu semester terlalu singkat
dan padat, sehingga guru hanya fokus pada target yang sudah direncanakan dan
sering melupakan proses dari pada akhir serta teknik-teknik pengembangan
pembelajaran disepelekan. Padahal anak didik membutuhkan waktu banyak dalam
proses belajar. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan upaya
perbaikan pembelajaran dan teknik-teknik pembelajaran. Sehingga apa yang
direncanakan dapat optimal dan sesuai dengan tingkat capaian perkembangan
kognitif anak.Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui Gambaran
Kemampuan Logico Mathematical Knowledge Anak Melalui Permainan Bahan
Sisa dan Bahan Alam Pada Kelompok B1 TK Mutiara Salupao Kecamatan
Telluwanua Kota Palopo; 2) Untuk Mengetahui Kemampuan Logico
Mathematical Knowledge mengalami peningkatan Melalui Permainan Bahan Sisa
dan Bahan Alam Pada Kelompok B1 TK Mutiara Salupao Kecamatan Telluwanua
Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyaitu 1. Perencanaan
(planning); 2. Aksi atau tindakan (acting); 3. Observasi (observation); 4. Refleksi
(reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penilaian pembelajaran,
wawancara, pengamatan ceklis, pengamatan catatan anekdot atau catatan harian,
dan hasil karya, serta dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data
dilakukan dengan tiga tahapan yaitu 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3)
Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran persentase siklus I
mencapai 63% dan persentase siklus II mencapai 82%, maka Kemampuan Logico
Mathematical Knowledge Anak Melalui Permainan Bahan Sisa dan Bahan Alam
mengalami peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 19% Pada Kelompok B1 TK
Mutiara Salupao Kecamatan Telluwanua Kota Palopo; 2) Melalui Permainan
Bahan Sisa dan Bahan Alam dapat Meningkatkan Kemampuan Logico
Mathematical Knowledge Pada Kelompok B1 TK Mutiara Salupao Kecamatan
Telluwanua Kota Palopo.
Kata Kunci:Logico Mathematical Knowledge, Permainan, Bahan Sisa, Bahan
Alam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 00:47 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 00:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7500 |
Actions (login required)
View Item |