SURTI, SURTI (2023) Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Roman Di Bawah Lindungan Ka’bah Karya Buya HAMKA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI_SURTI_1-1(3)[1].PDF Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Surti, 2023, “Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Roman Di Bawah
Lindungan Ka’bah Karya Buya Hamka” Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Di bimbing oleh Dr.Sukirman Nurdjan, S.S.,
M.Pd. dan Ibu Ino Sulistiani, ST. MT.
Skripsi ini membahas tentang nilai pendidikan Islam dalam roman Di Bawah
Lindungan Ka’bah karya Buya Hamka yang banyak mengandung tiga nilai pokok,
yaitu nilai iman, nilai akhlak, dan nilai syari’ah dan nilai sosial. Kajian tersebut
didasarkan pada pendekatan kualitatif untuk menemukan ide dan gagasan yang
mengandung nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam roman Di Bawah
Lindungan Ka’bah. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian etnografi. Prosedur dan rancangan penelitian dilakukan melalui literasi
(membaca dan menyimak), proses identifikasi, korpus data, reduksi data, hasil
penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan alat tulis.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu membaca berulang-ulang
roman Di Bawah Lindungan Ka’bah dan memberikan tanda pada teks dan
memasukkannya ke dalam buku catatan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik
kredibilitas, yaitu ketekunan dalam kecukupan dan kecakupan referensi, serta
validasi data oleh pakar. Analisis temuan dalam penelitian ini digunakan teknik
reduksi, teknik interpretasi dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data
diungkapkan dan ditemukan nilai yang terkandung dalam roman Di Bawah
Lindungan Ka’bah (1) Nilai aqidah terdiri dari beberapa nilai pokok, yaitu
pengharapan, memohon/berdoa, kesadaran, kesadaran, iman kepada malaikat
Allah, iman kepada hari akhir, takdir muallaq dan takdir mubram. (2) Nilai ibadah
terdiri dari beberapa nilai pokok, yaitu puasa, adzan, i’tikaf, haji, menuntut ilmu,
menuntut ilmu agama dan berziarah. (3) Nilai akhlak terdiri dari beberapa nilai
pokok di antaranya husnudzon dan tawakkal, bersyukur, taat, tawadhu, amanah,
sabar, ikhtiar, sopan dan jujur, menjaga kesucian, membantu tetangga, silaturahmi,
memuliakan tamu, bakti kepada orang tua, setia (4) nilai sosial, yaitu simpati,
empati, sabar, ta’awun, menghormati dan menghargai.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Roman
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 01:03 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 01:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7505 |
Actions (login required)
View Item |