HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 3 LUWU

PRATAMA, ANDRE (2023) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 3 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANDRE PRATAMA.pdf] Text
ANDRE PRATAMA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Andre Pratama, 2023. “Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI TKJ Di SMK
Negeri 3 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hj. St. Marwiyah,
M.Ag. dan Mawardi, S.Ag., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil
Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 3
Luwu. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui minat belajar Pendidikan
Agama Islam peserta didik Kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 Luwu, 2) untuk
mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas XI TKJ di
SMK Negeri 3 Luwu, 3) untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil
belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas XI TKJ di SMK Negeri 3
Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu
merupakan suatu penelitian yang analisisnya secara umum memakai analisis
statistik. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dokumentasi, angket dan
observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyusunan
data, pengelolaan data dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar pendidikan agama
islam peserta didik kelas XI TKJ di SMKN 3 Luwu rata-rata menunjukkan
persepsi peserta didik tentang pendidikan agama Islam dengan kategori yang lebih
tinggi adalah kategori penting (16-19) dengan frekuensi 68 atau 68,0%. 2) hasil
belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI TKJ di SMKN 3 Luwu
diperoleh rata-rata minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik dengan
kategori yang lebih tinggi adalah kategori cukup penting, yang mana masuk dalam
pengelompokkan data 55-74 dengan responden 82 peserta didik dengan presentase
82,0%. 3) hubungan minat belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam
peserta didik berdasarkan analisis yang diperoleh, maka diketahui rhitung lebih
besar dari rtabel atau 0,843>0,197 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa memiliki hubungan atau korelasi antara minat belajar
pendidikan agama islam dan hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik.
Kata Kunci: Persepsi, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:03
Last Modified: 01 Nov 2023 01:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7506

Actions (login required)

View Item View Item