PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALOPO

JUMRIANI, JUMRIANI (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of PERAN_GURU_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_DALAM_MENGATASI_PELANGGARAN_TATA_TERTIB_PESERTA_DIDIK_DI_SEKOLAH_MENE.PDF] Text
PERAN_GURU_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM_DALAM_MENGATASI_PELANGGARAN_TATA_TERTIB_PESERTA_DIDIK_DI_SEKOLAH_MENE.PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Jumriani, 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi
Pelanggaran Tata Tertib Peserta Didik Di Sekolah SMP Negeri 3
Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Hisban Thaha dan Amir Faqihuddin Assafari.
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Peserta Didik di SMP Negeri 3 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran tata
tertib peserta didik di SMP Negeri 3 Palopo, 2) Mengetahui bagaimana peran guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi pelanggaran tata tertib di SMP Negeri 3
Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan
pada penelitian ini yaitu, pendekatan pedagogis, psikologis dan sosiologis.
Penelitian ini berfokus pada peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi
pelanggaran tata tertib peserta didik khususnya pada kelas IX di SMP Negeri 3
Palopo. Data dan sumber data diperoleh dari data sekunder dan data primer.
Teknik dalam pengumpulan data menggunakan 3 metode: observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan data yang digunakan yaitu
triangulasi, dibagi menjadi 2 macam yaitu: triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk-bentuk pelanggaran tata
tertib yang sering dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 3 Palopo, yaitu
bolos (meninggalkan sekolah), terlambat datang kesekolah, malas mengerjakan
tugas, berkelahi sesama teman, tidak mengikuti upacara bendera dan tidak sopan
pelanggaran tata tertib di SMP Negeri 3 palopo, 2) guru pendidikan agama Islam
berperan sebagai motivator. Diamana motivasi yang diberikan oleh guru
pendidikan agama Islam dalam bentuk pendekatan personal dengan memberikan
nasehat serta kegiatan keagamaan. Motivasi dari guru pendidikan agama Islam ini
memang memberikan dampak positif karena peserta didik yang melakukan
pelanggaran tata tertib sudah berkurang dari biasanya .
Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Tata Tertib Peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:09
Last Modified: 01 Nov 2023 01:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7507

Actions (login required)

View Item View Item