J., ARISNA (2023) STRATEGI PROMOSI SATU HARGA DALAM PERPEKTIF HUKUM EKNOMI SYARIAH (Studi Kasus di Toko Nur fadillah Serba Rp 35.000 di Radda Kabupaten Luwu). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI ARISNA. J ....pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK
Arisna. J, 2023, “Strategi Promosi Satu Harga dalam Prespektif Hukum
Ekonomi Syariah di Radda Kabupaten Luwu”. Skripsi
Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Helmi Kamal dan Mukhtaram Ayyubi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik strategi promosi satu harga pada
toko Nurfadillah serba Rp 35.000 di Tampumia Radda Kabupaten Luwu dan serta
mengetahui prespektif hukum eknomi syariah dalam strategi prmosi satu harga di
toko Nurfadillah serba Rp 35.000 di Tempumia Radda Kabupaten Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif
dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan analisis data
deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik toko, lima karyawan toko
dan beberapa konsumen yang berkunjung di toko serba Rp 35.000 dan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana
penelilti melakukan observasi langsung dilapangan dan melakukan wawancara
data yang sudah diperoleh dilapangan selanjutnya dianalisis yang kemudian
disajikan secara sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan.
Hasil penelitian (1) strategi promosi satu harga di toko serba Rp 35.000
menggunakan spanduk baik diluar toko maupun didalam toko dengan bertuliskan
harga Rp 35.000 sedangkan pada produk tidak semua sama harganya dan setiap
barang yang ada di toko ini tidak memilki lebel harga di setiap jenis barang
sehingga membuat para konsumen merasa kecewa dan tertipu saat melakukan
transaksi di kasir, strategi promosi satu harga di toko Nurfadilllah Serba Rp
35.000 di Radda Kabupaten Luwu dalam praktiknya menggunakan strategi
promosi melalui periklanan (advertising), melalui promosi penjualan (Sales
Promotion), publisitas (Publicity) dan yang terakhir promosi melalui penjualan
pribadi (Personal selling). (2) Dalam prespektif hukum ekonomi syariah
menggunakan Asas Antaradhin Pengertian dari asas suatu bentuk asas suka sama
suka hal ini menyatakan bahwa dalam setiap bentuk muamalat antar individu atau
antar beberapa pihak harus sama sama memiliki kerelaan masing- masing. dan
Terdapat juga dalam asas Ash-Shidiq dimana dalam melakukan transaksi harus
memenuhi asas Ash-Shidiq yang artinya ialah pada hal ini manusia sudah
diperintahkan agar selalu untuk berlaku jujur yang nantinya akan menghasilkan
kebenaraan. Dengan adanya penelitian ini mampu menjadi contoh pada dan
memberikan pemahaman pada masyarakat dan pedagang mengerti bagaimana
melakukan strategi promosi yang baik dan benar dan sesuai dengan hukum Islam.
Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Promosi, Satu Harga
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 01:24 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 01:24 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7508 |
Actions (login required)
View Item |