Syam, Dewi Sri Herawati (2023) PENGARUH INOVASI PRODUK, INOVASI LAYANAN, PROMOSI DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI PT BANK SYARIAH INDONESIA KCP RATULANGI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Dewi Sri Herawati Syam Fix.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dewi Sri Herawati Syam, 2023. “Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan,
Promosi dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Menabung di PT
Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi”. Skripsi Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Ahmad Syarief Iskandar,
S.E., M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inovasi produk, inovasi layanan,
promosi dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial maupun simultan
terhadap keputusan menabung di PT Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu
nasabah BSI KCP Ratulangi. Kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik nonprobability sampling yaitu sampling insidental. Sampel yang digunakan
sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan
menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
berdasarkan uji t (uji parsial) yang dilakukan, variabel inovasi produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di PT Bank
Syariah Indonesia KCP Ratulangi. Variabel inovasi layanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan menabung di PT Bank Syariah Indonesia KCP
Ratulangi. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung di PT Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi. Variabel citra
perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di
PT Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi. Sedangkan berdasarkan uji F (uji
simultan) menunjukkan variabel inovasi produk, inovasi layanan, promosi dan
citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menabung di PT Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi. Sehingga
besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R Square) 70,2%
variabel keputusan menabung bisa dijelaskan oleh variabel independen dalam
penelitian ini sedangkan sisanya yaitu 29,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar
penelitian ini.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Inovasi Layanan, Promosi, Citra Perusahaan,
Keputusan Menabung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan 300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 02:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 02:35 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7517 |
Actions (login required)
View Item |