EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAMASI

MUH. JULIMAN, KASMIRANI (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAMASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of KASMIRANI MUH. JULIMAN.pdf] Text
KASMIRANI MUH. JULIMAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Kasmirani Muh. Juliman, 2023. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lamasi”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh.
Hajarul Aswad A dan Dwi Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran
search, solve, create and share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lamasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran SSCS. Penelitian ini juga bertujuan
untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran SSCS dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2
Lamasi.
Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimen design tipe one group pretest�posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster
random sampling, dengan jumlah sampel 35 orang siswa yang terpilih. Data
diperoleh melalui tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan dari
hasil uji pre test ke post test yaitu mengalami kenaikan sebesat 32,03%. Pada nilai
rata-rata pre test sebesar 61,08, nilai rata-rata pre test termasuk dalam kategori
cukup sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 93,11, nilai rata-rata post test
termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan rata-rata kedua
data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran search, solve,
create and share (SSCS) efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa.
Kata kunci : Efektivitas, model pembelajaran search, solve, create and share,
kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:13
Last Modified: 02 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7560

Actions (login required)

View Item View Item