PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (TANGIBLE, REABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, DAN EMPATY) GADAI EMAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BSI KCP RATULANGI KOTA PALOPO

ANDINI, FHAUZIA FIKHA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (TANGIBLE, REABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, DAN EMPATY) GADAI EMAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BSI KCP RATULANGI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of FHAUZIA FIKHA ANDINI_NIM. 1904020147.PDF] Text
FHAUZIA FIKHA ANDINI_NIM. 1904020147.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Fhauzia Fikha Andini, 2023. Pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reability,
responsiveness, assurance, dan empaty) gadai
emas terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP
Ratulangi Kota Palopo. Skripsi Program studi
Perbankan Syariah. Dibimbing oleh Dr. Ahmad
Syarief Iskandar, S.E., M.M.
Skripsi ini membahas tentang permasalahan mengenai Pengaruh kualitas
pelayanan (tangible, reability, responsiveness, assurance, dan empaty) gadai emas
terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Ratulangi Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan (tangible, reability,
responsiveness, assurance, dan empaty) gadai emas berpengaruh secara parsial
maupun simultan terhadap kepuasan nasabah di BSI KCP Ratulangi Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini Nasabah gadai emas BSI KCP Ratulangi Kota
Palopo. Kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non Probability
Sampling yaitu teknik Sampling Kuota/Berjatah/(Quota Sampling) digunakan
untuk menentukan sampel dari populasi mempunyai ciri-ciri tertentu sampai
jumlah (kuota) yang diinginkan. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi
berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
(tangible (x1), reability (x2), responsiveness (x3), assurance (x4), dan empaty (x5))
Gadai Emas secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan
tehadap kepuasan nasabah di BSI KCP Ratulangi Kota Palopo. Kemudian
variabel kualitas pelayanan (tangible (X1), reability (X2), responsiveness (X3),
assurance (X4), dan empaty (X5)) gadai emas berpengaruh signifikan secara
simultan terhadap variabel kepuasan nasabah di BSI KCP Ratulangi Kota Palopo.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tangible, Reability, Responsiveness,
Assurance, Empathy Dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:43
Last Modified: 02 Nov 2023 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7568

Actions (login required)

View Item View Item