STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA BUNTU LEMO DI DESA RINDING ALLO KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA

AMIRUDDIN, AMIRUDDIN (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA BUNTU LEMO DI DESA RINDING ALLO KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI AMIR UT fix.pdf] Text
SKRIPSI AMIR UT fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Amiruddin, 2023. “Strategi Pengembangan Wisata Buntu Lemo Di Desa
Rinding Allo Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara”.
Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing Oleh Akbar Sabani, SE., M.EI
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pengembangan Wisata Buntu Lemo
Di Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara. Adapun
permasalahan pokok yang dibahas dalam skripsi ini. Bagaimana cara
mengembangkan wisata Buntu Lemo di Desa Rinding Allo dan Strategi-strategi
seperti apa yang bisa dilakukan dalam pengenalan wisata untuk mengembangkan
wisata Buntu Lemo di Desa Rinding Allo. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan Deskriptif. Menggunakan
metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan
teknik wawancara langsung kepada pengelola objek wisata dan masyarakat
Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara dengan cara memberi pertanyaan
yang spesifik tentang penelitian.
Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dalam melakukan
pengembangan objek wisata tentunya melalui sebuah analisis tentang strategi apa
yang telah digunakan pengelola dalam mengelola objek wisata. Beberapa strategi
yang digunakan yaitu, pertama strategi potensi alam yang menjadi pesona dalam
menciptakan daya tarik wisatawan. Kedua, strategi harga atau biaya yang
ditetapkan untuk setiap wisatawan yang ingin berwisata masih terjangkau. Ketiga,
strategi tempat pemilihan lokasi sulit untuk dijangkau oleh pengunjung. Hal ini
karena akses ke tempat produksi yang sulit dijangkau karena letaknya yang jauh
dari perkotaan serta akses jalan kesana yang kurang mendukung. Selain itu,
kurangnya papan penunjuk jalan yang membuat pengunjung susah untuk
menemukan lokasi wisata tersebut. Belum adanya fasilitas penginapan untuk
pengunjung menjadi salah satu hambatan untuk meningkatkan jumlah
pengunjung, mengingat lokasi wisata sangat jauh dari wilayah perkotaan.
Beberapa strategi yang telah diterapkan belum terlaksana secara maksimal, karena
dalam hal ini masih kurangnya beberapa sarana dan prasarana yang menjadi
penunjang juga menjadi nilai tambah bagi objek wisata. Pertama diperlukan
strategi promosi yang menggunakan beberapa media sosial untuk memudahkan
calon wisatawan domestik ataupun luar domestik memperoleh informasi dengan
mudah mengenai objek wisata. Kedua, fasilitas penginapan atau home stay bagi
wisatawan sangat diperlukan, mengingat lokasi wisata berjarak cukup jauh dari
wilayah perkotaan. Ketiga, dibutuhkan peningkatan kualitas SDM dengan
pengadaan pemandu wisata bagi wisatawan yang berkunjung untuk memudahkan
mereka untuk mengetahui secara detail mengenai objek wisata yang dikunjungi.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Objek Wisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:19
Last Modified: 02 Nov 2023 03:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7588

Actions (login required)

View Item View Item