PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF JENGA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR PADA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SDN 114 PINCARA LUWU UTARA

PAHRI, ARNIA (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF JENGA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR PADA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SDN 114 PINCARA LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI ARNIA PAHRII.pdf] Text
SKRIPSI ARNIA PAHRII.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Arnia Pahri, 2023. “Pengembangan Permainan Edukatif Jenga Berbasis
Keterampilan Berpikir pada Tema Pahlawanku Kelas IV SDN 114
Pincara Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Pembimbing (I) Ibu A. Riawarda, dan
Pembimbing (II) Ibu Rosdiana,.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui analisis kebutuhan
pengembangan permainan edukatif jenga berbasis keterampilan berpikir pada
tema pahlawanku kelas IV SDN 114 Pincara, (2) mengetahui hasil validitas
pengembangan permainan edukatif jenga berbasis keterampilan berpikir pada
tema pahlawanku kelas IV SDN 114 Pincara, (3) mengetahui hasil praktikalitas
pengembangan permainan edukatif jenga berbasis keterampilan berpikir pada
tema pahlawanku kelas IV SDN 114 Pincara. Penelitian ini dilakukan dikelas IV
SDN 114 Pincara dengan menggunakan beberapa instrumen seperti wawancara
guru, angket siswa kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian pengembangar Research and Development
(R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Namun pada penelitian kali ini hanya sampai pada tahap ke-4 yaitu
Implementation. Untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan,
selanjutnya divalidasi oleh 3 validator yakni diantaranya validator desan, validator
bahasa, dan validator materi. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui
kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid. Hal tersebut
dibuktikan dengan kevalidan desain berada pada kisaran 90% masuk dalam
kategori valid dan sangat valid, kevalidan materi berada pada kisaran 85% masuk
dalam kategori valid dan sangat valid, serta kevalidan bahasa yang berada pada
kisaran 87,5% yang artinya masuk dalam kategori valid dan sangat
valid.Sedangkan pada tahap implementasi atau penerapan diperoleh persentase
skor yaitu berada pada kisaran 92% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan
hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan edukatif jenga
berbasis keterampilan berpikir pada tema pahlawanku pada tingkat SD/MI yang
peneliti kembangkan sudah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.
Kata kunci:Permainan edukatif jenga. Keterampilan Berpikir. Tema Pahlawanku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:20
Last Modified: 03 Nov 2023 06:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7634

Actions (login required)

View Item View Item