PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK NEGERI 2 PALOPO

DARMAYANTI, DARMAYANTI (2023) PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI DARMAYANTI.pdf] Text
SKRIPSI DARMAYANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Darmayanti, 2023, “Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin
dan Hj.Nursaeni.
Skripsi ini membahas tentang Problematika Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka
belajar di SMK Negeri 2 Palopo; 2) Untuk mengetahui apa saja problematika
yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum
merdeka belajar di SMK Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dekskriptif
dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan
metode triangulasi dalam teknik pengumpulan data (wawancara, observasi dan
dokumentasi). Pemeriksaan keabhsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara : reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan kurikulum
merdeka belajar di SMK Negeri 2 Palopo telah diterapkan sejak Juli tahun 2021
tahap awal periode ajaran baru. Kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 2
Palopo diterapkan secara bertahap dari tahun 2021 kelas X, kemudian 2022 untuk
kelas X dan XI, dan pada akhirnya diterapkan secara keseluruhan pada tahun
ajaran 2023. 2) Problematika Guru PAI dalam penerapan kurikulum merdeka
belajar dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran adalah
masih minimnya kemampuan guru PAI dalam menggunakan teknologi, dan
masih kurangnya waktu sosialisasi atau workshop kurikulum merdeka belajar
sehingga masih ada guru PAI yang belum paham dan kesulitan dalam pembuatan
perencanaan pembelajaran, terkendala dalam pengadaan bahan praktek
pembelajaran, kurangnya sarana prasarana berupa LCD, tidak adanya indikator
penilaian yang dibuat oleh guru sehingga guru kesulitan dalam melakukan
penilaian terhadap siswa .
Kata Kunci : Problematika Guru, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:38
Last Modified: 03 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item