PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PADA TEMA HIDUP RUKUN DI SEKOLAH DASAR

ASYUYUN, ASYUYUN (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PADA TEMA HIDUP RUKUN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI_YUYUNN 3.pdf] Text
SKRIPSI_YUYUNN 3.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Asyuyun, 2023, “Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif pada Tema Hidup
Rukun di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Pembimbing (I) Nurdin K (II) Ahmad Munawir.
Penilaian merupakan bagian dari kegiatan evaluasi yang sangat penting
dalam suatu pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) untuk mendapatkan
representasi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan yang diukur
menggunakan instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang baik adalah
instrumen yang memenuhi syarat-syarat atau kaidah-kaidah tertentu dan dapat
memberikan data yang akurat sesuai dengan fungsinya. Karakteristik instrumen
penilaian yang baik diantaranya valid, realibel, relevan, dan representatif.
Tujuannya agar dapat mencerminkan suatu sifat pembelajaran langsung meliputi
perkembangan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan
menggunakan pengetahuan siswa melalui interaksi langsung dengan sumber
belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan analisis kebutuhan
pengembangan instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah
dasar, (II) mendeskripsikan validitas instrumen penilaian afektif pada tema hidup
rukun di sekolah dasar kelas II SDN 24 Temmalebba kota Palopo, (III)
mendeskripsikan praktikalitas instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun
di sekolah dasar kelas II SDN 24 Temmalebba kota Palopo. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) atau penelitian
pengembangan. Menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
lima tahapan diantaranya; (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap
pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, validasi, dokumentasi, dan
angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis gabungan (mixed
method).
Produk yang dikembangkan oleh peneliti berupa instrumen penilaian
afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar SDN 24 Temmalebba. Instrumen
yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli desain instrumen
penilaian afektif, ahli evaluasi, ahli bahasa, dan guru wali kelas II. Hasil validasi
produk memperoleh persentase kelayakan sebesar 86 % dengan kategori sangat
valid. Hasil uji praktikalis melalui angket guru memperoleh persentase sebesar
92,5 % dengan krieria sangat praktis dan melalui angket siswa memperoleh
persentase sebesar 68,75 % dengan kriteria praktis. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar sudah
sangat valid dan praktis digunakan oleh guru dalam menilai afektif siswa di SDN
24 Temmalebba.
Kata kunci : Instrumen, Penilaian Afektif, Tema Hidup Rukun, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:18
Last Modified: 03 Nov 2023 08:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item