PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS DIGITAL SUBTEMA HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO

APRILIANI, ANANDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS DIGITAL SUBTEMA HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skiripsi  Ananda Apriliani  FIKS.pdf] Text
Skiripsi Ananda Apriliani FIKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ananda Apriliani, 2023. “Pengembangan Media Big Book Berbasis Digital
Subtema Hak Dan Kewajiban Kelas III SDN 24 Temmalebba Kota Palopo”.
Skripsi Program StudiPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Baderiah dan Ahmad Munawir
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Big Book Berbasis
Digital Subtema Hak dan Kewajiban Peserta Didik Kelas 3 SDN 24 Temmalebba
dengan tujuan penelitian untuk (1) Mengetahui kebutuhan pembelajaran dengan
media Big Book pada pokok bahasan hak dan kewajiban kelas III SDN 24
Temmalebba (2) Mengetahui Spesifikasi Media yang digunakan kelas III SDN
24 Temmalebba Palopo. (3) Mengetahui validitas ahli perangkat pembelajaran
media Big Book subtema hak dan kewajiban kelas III SDN 24 Temmalebba
Palopo. (4) Mengetahui kepraktisan perangkat media Big Book subtema hak dan
kewajiban kelas III SDN 24 Temmalebba Palopo
Jenis Penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model
ADDIE yaitu yang dimulai pada Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi
dan tahap Evaluasi. Penelitian dilakukan di SDN 24 Temmalebba di jl. Dr Ratulangi
Km 4 Temmalebba, Kecamatan Bara, Kota Palopo. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan angket
sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan
analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil
analisis kebutuhan peserta didik yaitu banyaknya siswa yang belum memahami
materi dengan baik karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan yaitu
buku paket sedangkan peserta didik lebih menyukai model pembelajaran yang
bervariasi 2) Spesifikasi produk yang dikembangkan yaitu Media Big Book berbasis
digital dengan menggunakan bantuan Power Point 3) Berdasarkan hasil validasi
dari tiga ahli yaitu ahli bahasa, desain dan materi hasil persentase nilai total dari
tiga ahli diperoleh 92,85% untuk ahli bahasa, 68,75%. 4) Berdasarkan hasil uji
praktikalitas dengan melibatkan 23 orang peserta didik sebagai responden untuk
memberikan respon terhadap media big book berbasis digital yang dikembangkan
oleh peneliti dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar
86% dengan kategori sangat praktis dan seorang pendidik yakni guru kelas III
dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 87% dengan
kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Big Book, Peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 00:38
Last Modified: 06 Nov 2023 00:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7660

Actions (login required)

View Item View Item