STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 39 KAMBO KECAMATAN MUNGKAJANG KOTA PALOPO

FITRIANI, FITRIANI (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 39 KAMBO KECAMATAN MUNGKAJANG KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of FITRIANI PAI 1802010039.pdf] Text
FITRIANI PAI 1802010039.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Peserta Didik di SDN 39 Kambo Kecamatan
Mungkajang Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam. Fakultas Tarbiyah, dan llmu Keguruan. Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Pembimbing I, Dr. H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. dan
Pembimbing II, Ismail, S.Pd.I, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SDN 39 Kambo Kecamatan
Mungkajang Kota Palopo . Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan
belajar peserta didik di SDN 39 Kambo Kecamatan Mungkajang Kota
Palopo? faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik di
SDN 39 Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo?. Penelitian bertujuan:
1) untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam di SDN 39
Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo.2) untuk mengetahui faktor-
faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik di SDN 39 Kambo Kecamatan
Mungkajang Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan
fenomena-fenomena yang terjadi. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari lapangan dan
data sekunder yang diperoleh melalui bahan-bahan tertulis. Penelitian ini
menggunakan instrumen dalam mengumpulkan data yakni: observasi
partisipatif, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi guru Pendidikan
Agama Islam di SDN 39 Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo secara
garis besarnya sudah baik, namun tentunya masih ada hal-hal yang perlu
ditingkatkan agar mampu mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Strategi
guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
dengan menggunakan variasi mengajar yaitu: melakukan kuis atau games,
melakukan pembelajaran diluar kelas dan guru juga memberikan penghargaan
kepada peserta didik berupa nilai, hadiah, pujian agar peserta didik termotivasi
dalam belajar. ; 2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik, a)
faktor intern atau diri peserta didik sendiri diantaranya, psikologi peserta didik,
kurangnya kesadaran dan minat peserta didik; b) faktor ekstern atau
lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan
sekolah.
Kata Kunci : Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:55
Last Modified: 06 Nov 2023 02:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7671

Actions (login required)

View Item View Item