MARISKA, ELMA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ELMA MARISKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Elma Mariska, 2023.“Implementasi Manajemen Kesiswaan dan Dampaknya
Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah
Menengah Atas Negeri 3 Luwu Utara”. Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh H. Hisban Thaha dan Firman.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Kesiswaan dan
Dampaknya Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas
Negeri 3 Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui implementasi
manajemen kesiswaan di SMA Negeri 3 Luwu Utara; Untuk mengetahui
kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 3 Luwu Utara; Untuk mengetahui
dampak manajemen kesiswaan terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri
3 Luwu Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Luwu Utara pada bulan Juni 2023.
Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala
sekolah bidang Kesiswaan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumenasi.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi manajemen
kesiswaan sudah berjalan dengan baik. Yang dilakukan di mulai dari kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Kedisiplinan peserta didik
sudah cukup baik. Di lihat dari keseluruhan absensi setiap kelas, 75 % siswa
sudah menerapkan peraturan disiplin dan sekitar 25%-30% siswa masih
melanggar perturan, di lihat dengan masih ada yang sering melanggar peraturan
tata tertib sekolah seperti: terlambat datang mengikuti upacara, begitupun dalam
proses pembelajaran masih ada siswa yang asik bercerita dengan teman
sebangkunya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dampak Implementasi
Manajemen Kesiswaan Terhadap Kedisiplinan Pesrta Didik yaitu: 1. Dampak
positif yaitu dengan adanya manajemen kesiswaan semua komponen-komponen
yang ada di sekolah ini akan terarah, dimana siswa akan tepat waktu datang ke
sekolah, dan juga dalam disiplin belajar mereka akan fokus untuk meningkatkan
belajar mereka agar mendapatkan nilai kepuasan dari pencapaian belajarnya. 2.
Dampak negatif yang di berikan diluar dari implementasi manajemen kesiswaan
yang ada di sekolah ini yaitu seperti dampak kemajuan teknologi yang membuat
siswa kecanduan bermain games, bersosial media hingga berpengaruh terhadap
kenakalannya, tidak disiplin, menurunya minat belajar dan akan cenderung
berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Faktor sosial juga berpengaruh seperti
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 02:40 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7672 |
Actions (login required)
View Item |