KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 109 BALEBO

JANNAH, MIFTAHUL (2023) KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 109 BALEBO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of PGMI - Miftahul Janna.pdf] Text
PGMI - Miftahul Janna.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahul Janna, 2023 : Kemampuan Guru dalam Menerapkan Kompetensi
Profesional pada Pembelajaran Tematik di SDN 109 Balebo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo.Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Lilis
Suryani.
Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara
aktif selama terlaksananya proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat
memporoleh pengalaman langsung dan terlatih secara mandiri dalam menemukan
berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Hal ini berbeda dengan sekolah ini yang
proses pembelajaran terlihat guru lebih mendominasi dibadingkan peserta didik
sehingga menjadikan proses pembalajaran kurang aktif.Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui perencanaan guru dalam pembelajaran tematik, untuk
mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dan untuk
mengetahui evaluasi kompetensi pembelajaran guru terhadap hasil belajar
pembelajaran tematik.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 109 Balebo Kecamatan Masamba. Instrumen menggunakan
lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dengan guru sebagai
subjek penelitian. Teknik analisis data yaitu penyajian data, kondensasi data dan
display data.
Hasil penelitian adalah pada (1) Perencanaan guru dalam pembelajaran
tematik hasilnya menunjukkan bahwa aspek perencanaan guru dalam
pembelajaran tematik dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ( RPP), serta mempertimbangkan pemilihan media pembelajaran
yang akan digunakan. (2) Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran
tematik hasilnya menunjukkan bahwa penguasaan materi diperlukan persiapan
sebelum memulai pembelajaran, serta pengelolaan kelas, pengelolaan kelas yang
baik sangat menentukan kualitas kegiatan belajar mengajar, bila kualitas belajar
mengajar baik maka peserta didik juga akan mendapatkan tingkat pemahaman
yang baik, media yang digunakan juga harus sesuai dengan materi yang akan
dibawakan. (3) Evaluasi pembelajaran guru terhadap hasil belajar pembelajaran
tematik dilakukan pada setiap enam kali pertemua dan setiap subtema guru
melakukan penilaian harian dengan beberapa tes, juga dilakukan evaluasi
penilaian karakter, kognitif dan psikomorik siswa.
Kata Kunci:Kemampuan Guru, Kompetensi Profesional, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:20
Last Modified: 06 Nov 2023 03:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item View Item