PENGARUH PERSEPSI, PENGTAHUAN PRODUK, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP MINAT MANABUNG MASYARAKAT MUSLIM KELURAHAN BATTANG DI BANK SYARIAH

MUFIDA, MUFIDA (2023) PENGARUH PERSEPSI, PENGTAHUAN PRODUK, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP MINAT MANABUNG MASYARAKAT MUSLIM KELURAHAN BATTANG DI BANK SYARIAH. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Mufida_18 0402 0020.pdf] Text
Mufida_18 0402 0020.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK
Mufida, 2023. ”Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Produk, Promosi dan Lokasi
terhadap Minat Menabung Masyarakat Muslim Kelurahan Battang di
Bank Syariah”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muh. Abdi Imam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, pengetahuan produk,
promosi dan lokasi terhadap minat menabung masyarakat muslim kelurahan Battang
di bank syariah baik itu secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
melalui pembagian angket/kuesioner kepada para responden. Selanjutnya teknik
pengelolaan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan program SPSS Ver 22. Adapun
tahapan dalam teknik pengelolaan dan analisis data yaitu uji kualitas instrumen
penelitian dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya akan
dilakukan uji asumsi klasik. Lalu menggunakan menggunakan analisis regresi linear
berganda. Selanjutnya menggunakan uji hipotesis yang terdiri dari uji T, uji F dan uji
R. Berdasarkan hasil uji T (uji parsial) menunjukkan bahwa variabel pengetahuan
produk dan lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel
minat menabung di bank syariah, sedangkan variabel persepsi dan promosi secara
parsial tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel minat
menabung di bank syariah. Berdasarkan hasil uji F (uji simultan) menunjukkan
bahwa variabel persepsi, pengetahuan produk, promosi dan lokasi secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat menabung di bank syariah.
Adapun nilai koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,387 menunjukkan bahwa pengaruh
variabel persepsi, pengetahuan produk, promosi dan lokasi dapat menjelaskan secara
simultan variabel minat menabung di bank sebesar 38,7 %.
Kata Kunci: Populasi, Pengetahuan Produk, Promos, Minat Menabung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:28
Last Modified: 06 Nov 2023 03:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7679

Actions (login required)

View Item View Item