PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN 09 MATTEKKO

Widianti, Nadila (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN 09 MATTEKKO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Nadila Widianti.pdf] Text
Nadila Widianti.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nadila Widianti, 2023. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon
Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SDN 09 Mattekko.”Skripsi
Program Stud Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo”. Dibimbing
oleh: (1) Ibu Baderiah dan (2) Bapak Arwan Wiratma.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media video animasi
berbasis powtoon pada materi daur hidup hewan kelas IV SDN 09 Mattekko.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media video
animasi berbasis powtoon pada materi daur hidup hewan kelas IV SDN 09
Mattekko, untuk mengetahui validitas media video animasi berbasis powtoon pada
materi daur hidup hewan kelas IV SD Negeri 09 Mattekko, untuk mengetahui
kepraktisan media video animasi berbasis powtoon pada materi daur hidup hewan
kelas IV SDN 09 Mattekko.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development
(R&D), dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Penelitian dilakukan di SDN 09 Mattekko dengan subjek penelitian
yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV, Objek yang diteliti yaitu media video
animasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara,
angket, dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media
video animasi yang telah memenuhi kategori valid. Adapun hasil validasi media
video animasi menunjukkan bahwa hasil validasi media diperoleh nilai 92,6%
dengan kategori sangat valid, hasil validasi materi diperoleh nilai 80% dengan
kategori valid, sedangkan hasil validasi bahasa diperoleh nilai 83,3% dengan
kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas terhadap guru kelas IV SDN
memperoleh nilai 86% dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji
praktikalitas terhadap 14 peserta didik kelas IV SDN 09 diperoleh nilai 86,3%
dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media yang
dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka media video animasi
yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Peneliti berharap produk yang dikembangkan dapat memudahkan guru dalam
proses pembelajaran dan peserta didik mampu memahami materi daur hidup
hewan dengan baik..
Kata Kunci: Animasi, Berbasis, Media Powtoon,

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:32
Last Modified: 06 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7699

Actions (login required)

View Item View Item