STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

PUTRI, NUR KHOFIFAH (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR KHOFIFAH PUTRI.pdf] Text
NUR KHOFIFAH PUTRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurkhofifah putri, 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam pada pelajaran
Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri Palopo”. Skripsi Program Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Mawardi dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan agama islam pada
Pembelajaran Fikih Di Madrasaha Aliyah Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan:
(1) Mengetahui Strategi yang digunakan oleh Guru Pendidikam agama islam pada
Pembelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah Negeri Palopo (2) Mengetahui kendala�kendala apa saja yang ada pada pembelajaran fikih dan solusinya Di Madrasah
Aliyah Negeri Palopo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriftif
kualitatif. Lokasi penelitian Di Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan waktu
penelitian dilaksanakan satu bulan. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik.
Instrument penelitian yaitu lembaran observasi, pedoman wawancara,
dokumentasi dan foto. Serta teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi Pendidikan Agama Islam
pada pembelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri Palopo : (a) ialah strategi
kooperatif dimana guru mendorong agar siswa merasa saling membutuhkan antar
sesama. Strategi ini merupakan model pembelajaran dengan mengguakan sistem
mengelompokkan atau tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang dengan
latar belakang yang berbeda. (2) kendala-kendala yang ada pada pembelajaran
fikih serta solusinya di Madrasah Aliyah Negeri Palopo ialah waktu Kurangnya
Konsentrasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berdampak pada kurang
mengertinya peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru, hal ini
berakibat pada terhambatnya proses pembelajaran serta terhambatnya tujuan
pembelajaran. Solusi yang diupayakan oleh guru adalah menjelaskan ulang
kepada peserta didik yang tidak memahami serta tidak mendengarkan apa yang
guru jelaskan. Dan Waktu yang tidak efektif yang menyebabkan pemahaman
peserta didik yang kurang memahami pembelajaran fikih yang disampaikan oleh
guru. Sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai
dengan maksimal. Solusi yang diberikan oleh guru ialah, memberikan tugas
rumah pada peserta didik agar mereka dapat mengulang kembali atau mempelajari
kembali hasil diskusi dengan ini, guru mengetahui seberapa paham peserta didik
pada materi yang didiskusikan
Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Islam, Fikih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:55
Last Modified: 06 Nov 2023 06:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item