SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI PONDOK PESANTREN NUR EL HAQ KOMBA, KABUPATEN LUWU

BAHARUDDIN, ILHAM (2023) SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI PONDOK PESANTREN NUR EL HAQ KOMBA, KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of TESIS_ILHAM BAHARUDDIN_2023.PDF] Text
TESIS_ILHAM BAHARUDDIN_2023.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilham Baharuddin, 2023 “Sistem Pembelajaran Bahasa Asing di Pondok
Pesantren Nur El Haq Komba Kabupaten Luwu”. Tesis Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Kartini dan Jufriadi.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami sistem pembelajaran di Pondok
Pesantren Nur El Haq Komba terutama pada manajemen pembelajaran bahasa
asing yang diterapkan di Pondok Pesantren Nur El Haq mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajarannya. Tujuan lainnya adalah untuk
memahami hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Pondok
Pesantren Nur El Haq serta pemecahannya. Berdasarkan jenis data, jenis
penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sumber data yang digunakan
yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Nur El Haq Komba secara umum
telah mengadopsi sistem pembelajaran khalaf (modern). Pada pembelajaran
bahasa asing, pengelola memberikan porsi yang sama pada penggunaan Bahasa
Arab dan Bahasa Inggris, namun pada porsi jam belajarnya, pembelajaran Bahasa
Arab lebih banyak daripada pembelajaran Bahasa Inggris. Adapun kendala
pembelajaran yang biasanya terjadi antara lain padatnya jadwal pembelajaran
selama di dalam asrama, sarana prasarana yang masih perlu ditingkatkan, dan
penguasaan ustadz atau ustadzah dalam mengajar masih perlu dikembangkan.
Pengelola pesantren juga telah melakukan beberapa perlakuan dalam
menyelesaikan kendala-kendala tersebut.
Kata Kunci: Pola Pembelajaran, Pembalajaran Bahasa Inggris dan Bahasa
Arab, Pondok Pesantren, Kabupaten Luwu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:01
Last Modified: 06 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7711

Actions (login required)

View Item View Item