MUTMAINNA, MUTMAINNA (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) DI SMPIT INSAN MADANI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
MUTMAINNA.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mutmainaa, 2023. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Peserta Didik Melalui
Program Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) di Smpit Insan Madani
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dra. Hj. Nusyamsi, M.Pd.I. dan Hasriadi S.Pd., M.Pd.
Studi ini berfokus pada tantangan moral dan etika yang dihadapi oleh
peserta didik di SMPIT Insan Madani Palopo, dan bagaimana sekolah tersebut
menggunakan Program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) sebagai upaya
untuk membangun kepribadian Islami dalam diri peserta didik. Meskipun program
ini hanya diadakan semestrial dan memiliki sifat stimulatif, penelitian ini berusaha
menguji sejauh mana nilai-nilai Islam yang diajarkan dalam program ini tetap
ditanamkan setelah program berakhir. Studi ini dilakukan dengan dua tujuan
utama: (1) untuk memahami implementasi penanaman nilai-nilai Islam melalui
program MABIT di SMPIT Insan Madani Palopo, dan (2) untuk mengevaluasi
efektivitas penanaman nilai-nilai Islam melalui program MABIT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data peneliti menggunakan alat bantu aplikasi ATLAS.ti 9 dalam menganisis data
hasi;wawancara yang diperoleh dengan cara mengcoding hasil wawancara dari
informan Sumber data meliputi kepala sekolah, guru pembina, dan peserta didik,
serta dokumen-dokumen sekolah yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari program MABIT
adalah untuk memastikan peserta didik memiliki aqidah yang lurus, ibadah yang
benar, serta kepribadian yang matang dan berakhlak mulia. Nilai-nilai yang
ditanamkan melalui program ini meliputi nilai aqidah, nilai ibadah, serta nilai
akhlak. Penelitian ini juga menemukan bahwa efektivitas penanaman nilai-nilai
Islam melalui program MABIT dapat ditingkatkan jika program ini diintegrasikan
dengan program-program lain dan menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari
peserta didik di sekolah dan rumah. Kesimpulannya, walaupun program MABIT
memiliki sifat stimulatif, penanaman nilai-nilai Islam melalui program ini dapat
efektif jika diterapkan secara konsisten dan terintegrasi dengan kegiatan sehari�hari peserta didik.
Kata kunci: penanaman nilai-nilai Islam, program malam bina iman dan taqwa
(mabit).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 01:26 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 01:26 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7716 |
Actions (login required)
View Item |