UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SALOBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

HANISA, HANISA (2023) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SALOBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HANISA.pdf] Text
HANISA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Hanisa, 2022. “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Salobongko Kecamatan Malangke
Barat Kabupaten Luwu Utara,” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: Nurdin K. dan Arifuddin.
Skripsi ini membahas tentang upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salobongko Kecamatan
Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan akidah dan akhlak
siswa; untuk mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa; untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salobongko.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru
dalam menanamkan akidah siswa yaitu dengan menanamkan sikap ridha, patuh,
taat, dan disipilin menjalankan perintah Allah swt., dan upaya yang dilakukan
guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlak siswa yaitu dengan keteladanan,
pembiasaan, nasihat dan teguran. 2) Upaya yang dilakukan guru akidah akhlak
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah di antaranya
menggunakan metode tertentu, memberikan kesempatan bertanya dan menjawab
kepada siswa, memberikan pujian, memberikan teguran dan memberikan nasihat;
2) Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
Madrasah Tsanawiyah di antaranya faktor lingkungan keluarga, teman sebaya,
lingkungan masyarakat, dan penggunaan gadget, serta ketersediaan sarana dan
prasarana.
Kata Kunci: Upaya, Guru Akidah Akhlak, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Nov 2023 05:54
Last Modified: 07 Nov 2023 05:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7730

Actions (login required)

View Item View Item