Tallao, Kurniati (2023) KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLASE PADA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA BERBASIS BAHAN RAMAH LINGKUNGAN KELAS IV MIS KADUAJA TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
Kurniati Tallao.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kurniati Tallao., 2023 “Kepraktisan Media Pembelajaran Kolase pada Materi
Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Berbasis Bahan Ramah Lingkungan
Kelas V M S Kaduaja Tana Toraja”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo, Dibimbing oleh Nurdin Kaso dan
Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang kepraktisan media pembelajaran kolase pada
materi bagian tumbuhan dan fungsinya berbasis bahan ramah lingkungan kelas IV
MIS Kaduaja Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan; untuk mengetahui spesifikasi
media pembelajaran kolase pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya berbasis
bahan ramah lingkungan kelas IV MIS Kaduaja Tana Toraja; untuk mengetahui
kepraktisan media pembelajaran kolase pada materi bagian tumbuhan dan
fungsinya berbasis bahan ramah lingkungan kelas IV MIS Kaduaja Tana Toraja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode mix method yaitu dengan
menggabungkan dua metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Kaduaja Tana Toraja, subjek penelitian adalah
keals IV yang berjumlah 15 orang dan wali kelas IV. Teknik pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kolase berbasis
bahan ramah lingkungan dengan spesifikasi media kolase yaitu penggunaan
bahan ramah lingkungan berupa biji-bijian, gambar dan ilustrasi menggunakan
pola bunga matahari, bahan yang digunakan bervariasi, serta label dan
pejelasannya yang ditampilkan pada setiap nama dan fungsi bagian tumbuhan.
Berdasarkan uji praktikalitas masuk dalam kategori sangat praktis berdasarkan
hasil wawancara guru dan angket siswa yang memperoleh nilai 89,1% dengan
kategori sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran kolase ini
dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada kreativitas
dan daya tarik dimana media kolase memungkinkan peserta didik untuk
mengekspresikan kreativitas mereka dengan cara yang menyenangkan.
Kata kunci : Kepraktisan, Media Pembelajaran Kolase
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 05:59 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 05:59 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7731 |
Actions (login required)
View Item |