ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KULINER PASCA PANDEMI DIKABUPATEN KOLAKA UTARA

MUH. PRAMANA, MUH. PRAMANA (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KULINER PASCA PANDEMI DIKABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. PRAMANA.pdf] Text
MUH. PRAMANA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh.Pramana,2023.”Analisis strategi pengembangan UMKM kuliner pasca
pandemi di Kabupaten Kolaka Utara.” Skripsi Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Palopo
Dibimbing oleh Ishak, S.EI., M.EI.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Strategi pengembangan UMKM
kuliner pasca pandemi dikabupaten Kolaka Utara, dengan menggunakan metode
analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), untuk mengetahui
kondisi dan strategi pengembangan yang digunakan para pelaku usaha dalam
mengembangkan usaha UMKM yang dijalankan dikabupaten Kolaka Utara
khususnya di 3 kecamatan Latali, Batuputih, dan Pakue Utara. Penelitian ini
mengangkat dua rumusan masalah yaitu bagaimana kondisi UMKM setelah
pandemi terjadi dan bagaimana strategi pengembangan yang akan diterapkan
nantinya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif.
Hal ini di karenakan metodologi penelitian kualitatif adalah suatu penelitian
ilmiah yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara alamiah atau apa
adanya. Yaitu menggambarkan sesuai dengan apa yang terjadi pada saat penelitian
dilaksanakan. Adapun tujuan dari penelitian ini ada 2 yaitu untuk mengetahui
bagaimana kondisi UMKM setelah pandemi dan Bagaimana strategi
pengembangan yang akan diterapkan nantinya, dengan menggunkan metode
pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat berdasarkan hasil analisis SWOT dalam
Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kuliner Pasca Pandemi, dapat peneliti
simpulkan bahwa faktor internal dan eksternal sangat memberikan dampak dan
pengaruh yang besar terhadap perkembangan suatu usaha dikarenakan meliputi
faktor penghambat maupun faktor pendukung yang ada di dalamnya yang
memegang peranan penting bagi perkembangan suatu usaha. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa faktor Internal lebih
besar jika bandingkan dengan faktor Eksternalnya, yang dimana Kekuatan dan
kelemahan memiliki bobot masing-masing 3,9 dan 2,6, dan bobot Peluang dan
Ancaman sebesar 3,1 dan 2,4. Ini menujukkan posisi Kekuatan Internal Lebih
baik dari Eksternal, dan juga pada diagram analisis SWOTnya menunjukkan pada
kuadran I yang mendukung peoses strategi agresif yang mendukung strategis yang
akan dilakukan para pengusaha UMKM nantinya.
Kata Kunci : Strategi pengembangan, kondisi UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:50
Last Modified: 07 Nov 2023 06:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7735

Actions (login required)

View Item View Item