PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARDUS BERGAMBAR PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI SDN 356 PAGERENGAN KABUPATEN TANA TORAJA

Ilmi, Lausia Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARDUS BERGAMBAR PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI SDN 356 PAGERENGAN KABUPATEN TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Lausia Nur Ilmi.pdf] Text
Lausia Nur Ilmi.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Lausia Nur Ilmi., 2023 “Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kardus
Bergambar Pada Materi Organ Gerak Hewan Kelas V Di SDN 356
Pagerengan Kabupaten Tana Toraja”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Salmilah dan Muhammad
Guntur.
Penelitian ini bertujuan: Mengetahui proses pengembangan media
pembelajaran wayang kardus bergambar pada materi organ gerak hewan kelas V
di SDN 356 Pagerengan Kabupaten Tana Toraja; Mengetahui validitas media
pembelajaran wayang kardus bergambar pada materi organ gerak hewan kelas V
di SDN 356 Pagerengan Kabupaten Tana Toraja; Mengetahui praktikalitas media
pembelajaran wayang kardus bergambar pada materi organ gerak hewan kelas V
di SDN 356 Pagerengan Kabupaten Tana Toraja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, tahap evaluasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 356 Pagerengan Kabupaten Tana Toraja,
subjek peneltian adalah kelas V yang berjumlah 8 orang dan wali kelas V serta
validator. Objek yang diteliti media pembelajaran wayang kardus bergambar.
Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket.
Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media
wayang kardus bergambar yang telah memenuhi kategori valid. Hasil validitas
media memperoleh nilai 75% kategori valid dan validitas materi memperoleh nilai
79,5% kategori valid. Hasil praktikalitas peserta didik memperoleh nilai sebesar
87,8% dan praktikalitas guru memperoleh nilai sebesar 92,5%. Adapun implikasi
penelitian ini yaitu meningkatkan daya tarik pembelajaran sehingga peserta didik
termotivasi dalam belajar dan membantu peserta didik agar lebih mudah
mengingat materi pembelajaran.
Kata Kunci : Model ADDIE, Media Pembelajaran Wayang Kardus
Bergambar, Pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:32
Last Modified: 08 Nov 2023 00:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7739

Actions (login required)

View Item View Item