PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI IBADAH SALAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII SMPN 5 PALOPO

ARAFAT, YASIR (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI IBADAH SALAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII SMPN 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of YASIR ARAFAT.pdf] Text
YASIR ARAFAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Yasir Arafat, 2023.“Pengembangan Video Pembelajaran Dalam Materi Ibadah
Salat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Kelas VII SMPN 5 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Marwiyah
dan Arifuddin.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Video Pembelajaran dalam
Materi Ibadah Salat pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Kelas VII SMPN 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.
Kevalidan video pembelajaran pada materi ibadah salat pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VII di SMP Negeri 5
Palopo. 2. Keefektifan video pembelajaran pada materi ibadah salat pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VII di SMP
Negeri 5 Palopo di SMP Negeri 5 Palopo. 3. Kepraktisan video pembelajaran
pada materi ibadah salat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi
pekerti siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research
& Development. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi,
dokumentasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
kelayakan media, analisis data tes hasil belajar, analisis data untuk kepraktisan
penggunaan media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Video pembelajaran yang
dikembangkan dinilai sangat layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Hal tersebut ditinjau
berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. 2.
Video pembelajaran yang dikembangkan dinilai efektif dalam meningkatkan
pemahaman ibadah salat peserta didik dilihat dari rata-rata preetest pada materi
ibadah salat dengan skor sebesar 43,32 meningkat drastis pada tes hasil belajar
dengan skor rata-rata posttest sebesar 95,16 dengan nilai gain 0,91. 3. Kepraktisan
penggunaan video pembelajaran dalam materi ibadah salat mata pelajaran
pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 5 Palopo kelas VII
menghasilkan rata-rata 99,8% yang memberikan respon berada pada kategori skor
81%-100% dengan kriteria sangat praktis.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Ibadah Salat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 00:30
Last Modified: 21 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7771

Actions (login required)

View Item View Item