Ikmal, Ikmal (2023) PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKANKINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
IKMAL.PDF Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ikmal, 2023. “Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Gurudi
SMA Negeri 2 Luwu.” Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj Nursaeni dan
Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang peran supervisi kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi di SMA Negeri 2 Luwu, untuk
mengetahui kinerja guru di SMA Negeri 2 Luwu, dan untuk mengetahui peran
kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam rangka meningkatkan kinerja
guru di SMA Negeri 2 Luwu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,
yaitu metode deskriptif yang menyertai penelitian, untuk membantu menjelaskan
dan menjawab pertanyaan tentang fenomena dan kejadian dari subjek penelitian.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data
sekunder. Data primer yang diperoleh yaitu hasil pengamatan dan wawancara
terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru mengenai peran kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 2 Luwu. Sedangkan data
sekunder diperoleh dari daftar hadir, arsip dan dokumentasi. Instrumen penelitian
berupa pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan program supervisi dalam meningkatkan kinerja
guru di SMA Negeri 2 Luwu melalui beberapa aspek diantaranya kemampuan
menyusun program supervisi dan kemampuan menggunakan hasil supervisi. Di
samping itu, dalam melaksanakan program supervisi di SMA Negeri 2 Luwu tidak
hanya dilakukan oleh Kepala Sekolah saja namun dibantu oleh guru-guru senior.
Dalam pelaksanaannya kepala sekolah membuat job desk untuk masing-masing
stakeholder yang dijadikan mekanisme kerja. Kinerja guru di SMA Negeri 2 Luwu ini
sudah tergolong baik. Guru-guru sudah melakukan metode yang sangat beragam dalam
pembelajaran berlangsung. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan
menyenangkan sudah diterapkan. Namun dalam kompetensi pedagogik seperti
membuat rancangan pembelajaran (RPP) guru belum melengkapi dan masih
kurang disiplin dalam jam pelajaran.Kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor
dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan melakukan kunjungan ke setiap
kelas baik terjadwal maupun kondisional. Teknik yang diterapkan dengan
pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung.
Kata Kunci: Supervisi, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 01:32 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 23:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7784 |
Actions (login required)
View Item |