SAHPIRA, SAHPIRA (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH OPU DAENG RISAJU PALOPO (Studi Tentang Tingkat Kedisiplinan Siswa). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SAHPIRA.PDF Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sahpira, 2023. “Implementasi Manajemen Kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah
Opu Daeng Risaju Palopo (Studi Tentang Tingkat Kedisiplinan
Siswa)”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Taqwa dan Nasaruddin.
Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen kesiswaan di
Madrasah Tsanawiyah Opu Daeng Risaju Palopo (studi tentang tingkat
kedisiplinan siswa). Penelitian ini dibatasi pada masalah implementasi manajemen
kesiswaan, kedisiplinan siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kesiswaan,
kedisiplinan siswa, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi
manajemen kesiswaan terhadap tingkat kedisiplinan siswa di Madrasah
Tsanawiyah Opu Daeng Risaju Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakasek kesiswaan, wali kelas VII,
VIII, IX, dan siswa VII, VIII, IX di Madrasah Tsanawiyah Opu Daeng Risaju
Palopo. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen
kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah Opu Daeng Risaju Palopo meliputi kegiatan
perencanaan, pembinaan, evaluasi, dan mutasi siswa. 2) Kedisiplinan siswa di
Madrasah Tsanawiyah Opu Daeng Risaju Palopo cukup baik. Hal itu dapat dilihat
dari perilaku siswa yang menghargai peraturan madrasah serta mempu
mengaplikasikan penghargaan melalui perbuatan dan tindakannya. Meskipun
masih ada yang melanggar, tetapi hanya dilalukan sebagaian kecil siswa yang
memang kurang kesadaran akan pentingnya kedisiplinan sehingga selalu
diberikan arahan dan bimbingan dari pihak madrasah supaya membiasakan diri
dengan sikap disiplin baik disiplin waktu maupun disiplin perbuatan. 3) Faktor
pendukung implementasi manajemen kesiswaan terhadap tingkat kedisiplinan
siswa di Madrasah Tsanawiyah Opu Daeng Risaju Palopo antara lain dari internal
semangat dan kerjasama warga madrasah, eksternal, adanya aturan yang jelas
yang menjadi acuan bagi semua pihak dalam menjalankan tugas dan
kewajibannya. Sedangkan faktor penghambat implementasi manajemen
kesiswaan terhadap tingkat kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Opu
Daeng Risaju Palopo dari internal kurangnya kesadaran siswa, eksternal
lingkungan madrasah seperti guru, sarana prasarana, dan minimnya dana serta
tenaga manajemen kesiswaan yang tidak dikhususkan.
Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 02:02 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 23:58 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7791 |
Actions (login required)
View Item |